Sukses

Mau Lebih Produktif saat Kerja? Lakukan 9 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sulit fokus saat bekerja tentunya akan mempengaruhi produktifitas. Jika produktifitas menurun tentunya ini juga akan mengurangi penilaian atasan terhadap kinerja yang dilakukan.

Banyak faktor yang membuat pekerja merasa kurang fokus saat bekerja, diantaranya kurangnya jam istirahat, terlalu sering berbincang bahkan bercanda dengan rekan kerja, ditimpa banyak masalah pribadi dan masih banyak hal lainnya.

Apakah Anda salah satu pekerja yang sulit merasa fokus saat bekerja dan tidak cukup produktif saat bekerja? Jika iya, jangan khawatir berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk bisa lebih produktif lagi saat bekerja. Mau tahu apa saja?

Dilansir dari laman Siliconrepublic, berikut 9 cara yang dapat Anda lakukan untuk lebih produktif saat bekerja:

1. Jangan Bekerja Lembur

Meskipun miliarder China, Jack Ma pernah mengatakan 'Kerja lembur merupakan anugrah' namun ini ternyata tidak benar. Bekerja terlalu keras hingga lupa waktu dapat mempengaruhi tingkat fokus Anda, dan mempengaruhi produktifitas pastinya.

Penelitian menunjukkan jika Anda bekerja kurang dari 10 jam dan bekerja hanya 5 hari dalam seminggu, ini akan meningkatkan produktifitas Anda.

2 dari 5 halaman

2. Berhentilah Multitasking

Terkadang saat bekerja kita sangat ingin untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu dengan harapan semua pekerjaan akan selesai lebih cepat. Namun ternyata, hal ini tidak benar.

Multitasking malah akan membuat otak Anda bekerja lebih keras hingga akhirnya membuat Anda lebih cepat lelah dan bahkan tidak fokus pada akhirnya. Tidak hanya itu saja, hanya karena ingin cepat selesai terkadang banyak dari pekerja yang menjadi kurang teliti dan akhirnya terjadi banyak kesalahan pada tugas-tugas tersebut.

3. Usahakan Dapat Pencahayaan yang Tepat

Ternyata intensitas pencahayaan yang didapatkan di kantor akan mempengaruhi produktifitas Anda nantinya. Tahukah Anda, seseorang yang meja kerjanya berada dekat dengan jendela cenderung jarang merasakan stress dan lebih jarang absen, serta cenderung lebih produktif.

Namun, jika Anda kurang beruntung untuk memiliki meja kerja dekat dengan jendela, jangan sedih. Disaat Anda sudah merasa pusing maka keluarlah sejenak dan melihat pemandangan sekitar agar lebih tenang lagi.

 

3 dari 5 halaman

4. Belajarlah Katakan Tidak Jika Anda Sibuk

Terkadang kita terlalu sulit untuk menolak rekan kerja yang meminta bantuan. Namun ternyata ini akan mengganggu fokus dan tentunya membuat produktifitas Anda berkurang.

Untuk itu, mulailah belajar untuk menolak secara halus apabila ada rekan kerja yang meminta bantuan Anda ketika sedang sibuk.

5. Janganlah Terlalu Ambisi Menjadi Perfeksionis

Terkadang banyak pekerja yang ingin sekali dinilai baik oleh atasan dan akhirnya mereka berusaha menjadi seorang perfeksionis. Banyak yang menganggap jika seorang perfeksionis lebih produktif, namun hal ini tidak benar.

Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa tidak ada hubungannya antara menjadi perfeksionis dengan meningkatnya produktifitas.

 

4 dari 5 halaman

6. Berhentilah Sejenak untuk Berpikir

Jangan gunakan waktu Anda hanya untuk bekerja, bekerja, dan bekerja. Rehatlah sejenak, dan gunakan waktu luang Anda untuk memperoleh informasi-informasi baru. Berusahalah untuk lebih kreatif dan belajarlah dari kejadian yang sebelumnya.

7. Jika Sudah Penat, Maka Keluarlah dan Berjalan

Pastinya rasa bosan dan penat selalu dirasakan bagi orang-orang yang bekerja dikantoran. Ini merupakan hal yang wajar. Untuk itu, jika Anda sudah merasa penat dan tidak mendapatkan ide untuk menyelesaikan tugas-tugas, maka keluarlah dan berjalanlah ke taman.

Berjalan akan membantu Anda lebih cepat menyelesaikan suatu masalah dan menjadi lebih produktif.

 

5 dari 5 halaman

8. Tidur Sianglah Sejenak

Meskipun terasa tidak mungkin, namun gunakanlah waktu istirahat Anda sebentar saja untuk memejamkan mata dan beristirahat. Banyak sekali manfaat dari tidur siang yang dapat dirasakan salah satunya yaitu Anda akan lebih fokus ketika bangun dari tidur siang.

9. Bekerjalah 90 Menit Tanpa Henti lalu 20 Menit untuk Istirahat

Jika Anda ingin lebih fokus dan produktif, maka cobalah untuk bekerja tanpa henti dan seriuslah selama 90 menit. Setelah itu, Anda dapat beristirahat selama 20 menit untuk mengumpulkan kembali energi Anda. Lakukan ini saat bekerja, dan rasakanlah perbedaannya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bill Gates Pilih Jilati Serbuk Jeruk Ketimbang Buang Waktu Makan Berat
Artikel Selanjutnya
Kemampuan Manusia yang Tak Bisa Digantikan Robot, Apa Itu?