Sukses

KAI Bidik Ekspansi ke Myanmar hingga Afrika

Saat ini pelayanan kereta api di Indonesia menjadi yang terdepan di ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tak mau tinggal diam hanya mengoperasikan kereta api di Indonesia. Perusahaan yang dipimpin oleh Edi Sukmoro ini berencana ekspansi ke beberapa negara lain mulai dari Myanmar, Filipina bahkan Afrika.

Menurut Edi Sukmoro, saat ini, Indonesia dengan pelayanan kereta apinya, bisa dikatakan menjadi yang terdepan di ASEAN. Bahkan, jika dilihat dari jumlah penumpang yang dilayani, terbanyak di ASEAN.

Dengan modal itu, dan juga berkolaborasi dengan BUMN lainnya seperti PT INKA (Persero) menjadi modal utama KAI dalam menawarkan pengoperasian kereta api di berbagai negara lain.

"Kami bersinergi dengan pembuat kereta seperti INKA, kemudian ahli persinyalan LEN. Kemudian BUMN Konstruksi. Yang bergerak ke depan INKA, buat kereta INKA. Coba ke Filipina, Myanmar, coba ke Afrika," kata Edi saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti ditulis Kamis (18/4/2019).

Edi bercerita, dalam pertemuan ASEAN Railways CEOS' Conference (ARCEO) pada Novemver 2018 di Myanmar lalu, banyak negara yang antusias dalam penjajakan kerjasama dengan KAI, termasuk Myanmar sendiri sebagai tuan rumah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pamer Layanan dan Fasilitas

Banyak hal yang dipamerkan dalam hal pelayanan kereta api oleh KAI ke beberapa negara tersebut. Seperti Trainset Eksekutif New Image. Dimana dalam kereta terdapat fasilitas mulai dari CCTV, charging, hingga ruang ibadah.

Satu lagi yang dipamerkan adalah kereta sleeper yang saat ini tengah di tes pasar oleh KAI di rangkaian KA Argo Anggrek tujuan Jakarta-Surabaya. Semuanya merupakan murni karya anak bangsa.

KAI juga mengenalkan bagaimana sistem pembelian tiket kereta di Indonesia yang kini serba mandiri. Mulai dari pemesanan tiket hingga check in bisa dilakukan hanya melalui smartphone.

"Mereka welcome, tetapi tentu saja kita ikuti aturan. Kalau memang harus dikompetisikan kita harus ikut kompetisi. Yang pasti bahwa kereta api di ASEAN ini mereka sedang bertumbuh. Demand sedang tinggi sekali, sehingga bisa kita coba kenalkan di negara ASEAN," kata Edi.

3 dari 3 halaman

Okupansi Kereta Sleeper KAI Capai 60 Persen

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau disebut KAI telah mengenalkan fasilitas kereta kelas luxury atau yang sering disebut sleeper class atau kereta sleeper. Ini menjadi kelas tertinggi yang dioperasikan KAI.

Lalu bagaimana perkembangan jumlah penumpang kereta super mewah ini?

Vice President of Passenger Marketing PT Kereta Api Indonesia (Persero), R. Agus Dwinanto Budiadji mengaku respons pelanggan KAI diklaim cukup bagus.

"Okupansi sleeper untuk sekarang sekitar 60 persen. Memang di kelas ini kita berikan penawaran luxury jadi memang butuh terus promosi," kata dia di JRC, pada Selasa 30 Oktober 2018. 

Ia mengakui, memang pengguna kelas super mewah ini hanya kalangan tertentu. Hal ini karena harga yang ditawarkan juga sebanding dengan fasilitas yang diberikan, yaitu sekitar Rp 900 ribu.

"Kita saat ini terus promosikan dan habya saja dalam KAI Expo 2018 kita tidak masukkan dulu dalam program promo, ini supaya kita bisa jaga luxury nya," tegasnya.

Sebelumnya, kereta mewah sleeper dari PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (persero) mulai beroperasi 12 Juni 2018. Harga promo tiket kereta kelas luxury iini sebesar Rp 900 ribu per orang.  PT KAI merangkai empat kereta sleeper tersebut ke empat kereta (KA) Argo Bromo Anggrek dengan tujuan Gambir-Surabaya Pasarturi.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, harga tiket untuk layanan eksklusif terbaru ini dibanderol Rp 900 ribu per orang.

"Tarif ini merupakan harga promo yang berlaku selama sebulan. Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket via berbagai channel pemesanan tiket KAI mulai hari ini," kata Edi.

Layanan eksklusif serupa kelas bisnis di pesawat dapat dinikmati pengguna jasa kereta mewah sleeper selama perjalanannya.

Mulai dari kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inchidengan headset, USB charging power source, foldable food tray, bantal dan selimut, tempat sampah, kaca, cup holder, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia privat per penumpang per kursi.

Satu kereta sleeper hanya akan terdiri dari 18 orang penumpang sehingga lebih nyaman. Selain itu, pengguna jasa layanan kelas luxuryjenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum, snack secara gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.