Sukses

Harga Promo Rp 900 Ribu, Tiket Kereta Sleeper Sudah Habis Terjual

Kereta sleeper menampung 18 penumpang dalam satu gerbong pada rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir - Stasiun Surabaya Pasarturi (pp).

Liputan6.com, Jakarta - Harga tiket kereta sleeper PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI meski mencapai Rp 900 ribu untuk sekali jalan pada masa promo tetap diminati masyarakat. Ini ditunjukkan dari tiket yang sudah habis terjual hingga hari H Lebaran.

Kereta sleeper menampung 18 penumpang dalam satu gerbong pada rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir - Stasiun Surabaya Pasarturi (pp).

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro menyatakan tiket dengan harga promo Rp 900 ribu sudah habis terjual untuk perjalanan sampai Idul Fitri. Kendati demikian, dia mengaku tidak ingin terlena sebab bisa saja antusias penumpang tidak akan berlangsung lama.

"Tapi ini kami coba dulu, sebulan promosi. Baru setelah sebulan itu kami terkecoh dengan orang-orang yang pesan karena excited saja. Soalnya kami untuk investasi jangka panjang. Kalau nanti sudah investasi, tapi ternyata penumpangnya susut, jangan begitu," kata Edy, usai menjajal kereta sleeper di hari pertama, di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Sementara itu, tiket untuk arus mudik pada 15, 16, dan 17 Juni masih tersisa tiga kursi lagi. Untuk arus balik, tiket masih tersedia kecuali pada 18 dan 22 Juni semua kursi sudah dipesan.

Edy mengungkapkan, besaran tarif normal nonpromo atau sebulan kemudian belum ditentukan. Penentuan tarif akan sangat ditentukan oleh animo penumpang selama masa promo. Tarif normal, kata dia, bukan tidak mungkin bisa menjadi lebih rendah dari tarif promo saat ini, yaitu Rp 900 ribu.

"Makanya kami lihat animo masyarakat dulu, nanti baru setelah itu dilihat apakah bisa diturunkan lagi atau tidak. Nanti kami lihat berapa tarif yang paling pantas," ujar dia.

Edy menegaskan, tarif kereta sleeper tidak jauh berbeda dengan kelas prioritas, hanya sedikit lebih mahal. "Kalau harga mahal, itu sebenarnya sama saja dengan kelas prioritas, ini paling hanya sedikit lebih tinggi saja. Ini kan sebagai pilihan kepada masyarakat, percaya atau tidak, masih banyak orang yang sangat cinta dengan kereta api," kata dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Saja Fasilitas Kereta Sleeper?

Sebelumnya, kereta sleeper yang menjadi produk layanan terbaru dan eksklusif dari PT KAI resmi menjalankan tugasnya pada Selasa, 12 Juni 2018 dengan menggunakan rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir - Stasiun Surabaya Pasarturi (PP).

Beberapa layanan eksklusif yang ditawarkan serupa dengan kelas bisnis di pesawat. Mulai dari kursi yang dapat direbahkan hingga 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inci dengan headset.

Selain itu, ada USB charging power source, foldable food tray, bantal dan selimut, tempat sampah, kaca, cup holder, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia privat per penumpang per kursi.

Satu kereta sleeper, hanya akan terdiri dari 18 penumpang sehingga lebih nyaman. Selain itu, pengguna jasa layanan kelas luxury jenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum, dan kudapan secara gratis.

Akan tetapi, untuk keberangkatan perdana hari ini kereta sleeper belum dilengkapi perangkat headset sehingga penumpang tidak bisa menikmati layanan audio.

"Untuk yang perjalanan yang diberangkatkan hari ini bel dilengkapi headset, ke depan akan disediakan," kata  Vice President Corporate Communication PT KAI, Agus Komarudin kepada Tim Merdeka.com, di Stasiun Gambir, Selasa pekan ini.

Akan tetapi, bagi penumpang yang membawa perangkat headset sendiri bisa menikmati layanan audio menggunakan headset pribadinya sebab colokan yang digunakan sama dengan colokan headset telepon genggam.

Perkiraan lamanya perjalanan adalah sembilan jam. Adapun jadwal keberangkatan kereta sleeper hari ini adalah pada pukul 08.00 - 17.00 WIB. Keberangkatan kedua pukul 09.30 - 18.30 WIB. Kemudian keberangkatan ketiga pukul 20.00 hingga 05.00 WIB dan terakhir pukul 21.30 - 06.30 WIB. 

Harga tiket untuk layanan eksklusif terbaru ini dibanderol sebesar Rp 900 ribu. Tarif ini merupakan harga promo yang berlaku selama sebulan. Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket via berbagai channel pemesanan tiket KAI mulai 11 Juni 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.