Sukses

PT KAI Hadapi Puncak Arus Mudik Lebaran 2018

Liputan6.com, Cirebon - PT KAI menyatakan siap mengawal kelancaran arus mudik Lebaran 2018. Berbagai cara dan upaya ditempuh untuk menciptakan suasana mudik yang aman dan nyaman.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, puncak arus mudik Lebaran 2018 diprediksi terjadi hari ini, Jumat (8/6/2018). Dia mengatakan, hampir seluruh perjalanan kereta api melewati jalur Daops 3 Cirebon.

"Ada 176 perjalanan kereta api yang akan melewati wilayah Daops 3 Cirebon," kata Edi Sukmoro saat meninjau posko mudik di stasiun Cirebon, Kamis, 7 Juni 2018.

Dalam mengawal kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2018, posko PT KAI itu akan berdiri selama 22 hari. Edi menjelaskan, dari data yang didapat, pada hari pertama mudik, secara menyeluruh jumlah penumpang cenderung sama seperti tahun lalu.

Bahkan, pada H-9 jumlah penumpang sedikit menurun. Namun demikian, dia melihat adanya peningkatan jumlah penumpang.

Tercatat, penumpang dari Stasiun Gambir mencapai 16.800 dari biasanya hanya 7.000. Sementara jumlah penumpang dari Stasiun Pasar Senen sudah 23 ribu, pada hari biasa hanya 12 ribu.

"Prediksi puncak tanggal 8 Juni karena terlihat jumlah kursi sudah penuh," ujar dia.

Namun demikian, secara keseluruhan, peningkatan jumlah penumpang mudik Lebaran 2018 terbilang kecil. Dia menyebutkan, peningkatan penumpang kereta api saat ini hanya 3 sampai 3,5 persen.

"Tergantung tempat duduk yang kita siapkan tapi tahun ini memang prediksi kami kecil," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Sahur dan Buka Puasa Gratis

Edi mengatakan, dalam mengawal kelancaran arus mudik Lebaran 2018, PT KAI sudah peningkatan keamanan di seluruh stasiun. Salah satunya dengan melibatkan anjing pelacak dalam mencegah terjadinya ancaman teror.

"Di luar stasiun juga kami tingkatkan penjagaan baik di kawasan rawan bencana perlintasan tak berpalang pintu hingga pencegahan aksi pelemparan," kata Edi saat meninjau posko arus mudik Lebaran di Stasiun Cirebon, Kamis (7/6/2018).

Tidak hanya di internal PT KAI, Edi mengatakan pihaknya terus berupaya membuat pengguna kereta api nyaman. Pada mudik tahun ini, PT KAI tak hanya menyiapkan menu buka puasa saja.

Dalam upaya meningkatkan kenyamanan penumpang, PT KAI menyiapkan menu sahur di dalam kereta api. Buka puasa dan sahur gratis tersebut dimulai sejak H-10 hingga H-1. "Per hari kami siapkan 85 ribu bungkus," ujar dia. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Rem Blong, Truk Molen Terguling di Bekasi
Loading
Artikel Selanjutnya
Mudik Santai dan Asyik Lewat Tol Cipali
Artikel Selanjutnya
Anjing-Anjing Pelacak di Stasiun Cirebon Selama Arus Mudik