Sukses

Anggaran Mudik Gratis Meningkat Jadi Rp 34 Miliar pada 2019

Jawa Tengah menjadi wilayah yang paling banyak tujuan mudik gratis yaitu mencapai 25 kota.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan program mudik gratis 2019. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 34 miliar, naik jika dibandingkan anggaran tahun lalu yang hanya Rp 27 miliar.

Kenaikan anggaran ini karena kuota mudik gratis 2019  akan lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu kuotanya 44 ribu orang, kini menjadi 54 ribu orang atau naik 18 persen.

"Selain itu, kota tujuan untuk mudik gratis tahun ini juga kita tambah, tahun kemarin 32 kota, kalau tahun ini kita ada 40 kota, sudah termasuk ke wilayah Sumatra seperti Palembang, Lampung, Padang," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di kantornya, Selasa (19/3/2019).

54 ribu pemudik gratis nanti, Kemenhub bakal mempersiapkan 970 bus. Sebanyak 880 bus akan mengangkut pemudik ke kota-kkta di Jawa Tengah seperti Purwokerto, Kebumen, Solo, Yogyakarta dan lain sebagainya.

Jawa Tengah menjadi wilayah yang paling banyak tujuan mudik gratis yaitu mencapai 25 kota. Untuk Jawa Barat akan disiapkan sebanyak 30 bus dengan kota tujuan diantaranya Cirebon, Kuningan dan Ciamis.

Sedangkan untuk Jawa Timur bakal disiapkan 35 bus dengan kota tujuan Madiun, Tuban, Mojokerto, Malang, Pacitan dan Kediri.

"Sementara untuk wilayah Sumatra, akan disiapkan 25 bus dengan tujuan tiga kota yaitu Lampung, Palembang dan Padang," tegas Budi.

Bus mudik gratis ini akan diberangkatkan dari beberapa lokasi di sekitar Jakarta, seperti Bogor, Bekasi dan Tangerang.

Untuk keberangkatan dari Jakarta yaitu dari Monas mulai dari 30 Mei hingga 1 Juni 2019.  Mengenai pendaftaran bisa dilakukan online melalui www.mudikgratis.dephub.go.id

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenhub akan Sediakan Mudik Gratis Bus untuk 1.300 Orang

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi masyarakat pada saat Hari Raya Lebaran. Nantinya, sebanyak 1.300 orang akan diberangkatkan melalui jalur darat bus.

"Dalam rangka menyambut Hari Raya Lebaran, kita akan kembali menyiapkan 1.300 bus gratis," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi di Jakarta, Minggu 17 Maret 2019.

Budi mengatakan, untuk keberangkatan bus akan tersedia untuk tujuan Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Untuk informasi selanjutnya, masyarakat disarankan datang ke Direktorat Angkutan Multi Moda. "Kita akan memberangkatkan 3-4 hari sebelum Lebaran," imbuhnya.

Selain jalur darat, Kemenhub juga menyediakan angkutan mudik gratis melalui kapal feri. Namun dia belum bisa merincikan jumlah kapal dan peserta yang akan diberangkatkan.

"Kalau Kapal Ferri, kita sediakan Jakarta - Semarang, Jakarta-Surabaya, kalau mau pakai gratis juga nanti daftar ke Kemenhub. Boleh pakai motor," pungkasnya

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.