Sukses

6 Fakta Ruas Tol Terpanjang di Indonesia yang Diresmikan Jokowi

Liputan6.com, Lampung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol terpanjang di Indonesia yakni ruas tol Bakauheni-Terbanggi Tinggi (Bakter) di Tol Trans Sumatera pada Jumat, 8 Maret 2019.

"Ini adalah tol terpanjang yang pernah saya resmikan, sepanjang 140 jalan tol ini akan tersambung sampai ke Palembang," ujar Presiden Jokowi.

Konektivitas dan pertumbuhan ekonomi adalah target utama dalam pembangunan tol ini. Harapannya, ekonomi kawasan Lampung dan Sumatera dapat semakin kuat.

Tertarik mendengar cerita seputar tol terpanjang ini? Berikut Liputan6.com hadirkan 6 fakta mengenai ruas jalan Tol Bakter mulai dari biaya tol yang gratis, hingga kehadiran tol yang lebih panjang.

2 dari 7 halaman

1. Ada 9 Simpang Susun

Kementerian PUPR menyebut, jalan tol ini memiliki 9 simpang susun atau SS. Di antaranya adalah SS Bakauheni, SS Kalianda, SS Sidomulyo, SS Lematang, SS Kotabaru, SS Natar, SS Metro, SS Gunung Sugih 2 dan SS Terbanggi Besar.

Presiden Jokowi baru-baru ini juga memamerkan salah satu SS yang berlokasi Simpang susun itu terletak di ruas jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung.

Jokowi berjanji SS tersebut bisa dioperasikan pada tahun ini. Kehadiran SS tersebut menjadi pelengkap dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.000 kilometer.

3 dari 7 halaman

2. Akan Gratis Dulu

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, keputusan tarif tol tersebut saat ini belum ditetapkan, dan tak akan dikenai biaya untuk beberapa waktu ke depan.

"Iya, ini bakal gratis antara dua minggu atau mungkin sebulan," ujar dia saat peninjauan di area Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Keputusan ini disebutkan merupakan hal yang wajar pada masa-masa awal pengoperasian tol. "Mudah mudahan bisa supaya orang menikmati dulu," sambungnya.

4 dari 7 halaman

3. Tarifnya?

Menteri Basuki berkata kemungkinan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar akan dikenai tarif Rp 1.000 per Km. Menurutnya, besaran tersebut terhitung laik diterapkan.

"Misalnya sarannya pak Jokowi kalau nanti ini Rp 1.000 per Km. Kalau 140 Km berarti Rp 140.000. Mahal atau murah, itu pasti relatif," ujar dia.

Ia pun yakin bahwa masyarakat tak akan terlalu keberatan pada tarif yang berlaku, sebab keuntungan dari ruas tol ini jauh lebih besar.

5 dari 7 halaman

4. Akan Ada yang Lebih Panjang

Ruas tol Bakter akan segera kalah oleh ruas tol lainnya yang lebih panjang. Tol itu adalah Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung. Ini diungkapkan presiden sebelum meresmikan tol Bakter.

"Dalam waktu dekat, empat ruas jalan Tol Trans Sumatera beroperasi, selain Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung yang panjangnya 189,2 kilometer," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyebut ada pula ruas yang segera beroperasi, yakni tol Medan - Binjai dan Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi.

6 dari 7 halaman

5. Kapan Tersambung ke Aceh?

Presiden Jokowi turut mengungkit koneksi tol ini ke Aceh. ia berjanji jalan akan tersambung ke Aceh dalam 4 tahun mendatang. Berikut pernyataan presiden:

“Banyak yang bertanya kepada saya, kapan Lampung ke Aceh kapan tersambung? 2024 Lampung sampai Aceh akan tersambung. Kenapa pembangunan ini sangat cepat? Lampung bisa sangat menjadi contoh karena pembebasan lahan yang sangat cepat.” ujar Jokowi.

7 dari 7 halaman

6. Libatkan Lebih 3.200 Pekerja

Dalam pembangunan ruas tol ini, ada lebih dari 3.200 pekerja konsurksi turut berpartisipasi dalam pembangunan tol ini. Itu belum termasuk 231 orang tenaga operasi.

Investasi ruas tol ini adalah sebesar Rp 16,8 triliun dan PT Hutama Karya (Persero) mendapat tugas untuk membangun ruas tol terpanjang di Indonesia ini. Direktur PT Hutama Karya Bintang Perbowo juga turut hadir dalam peresmian tol ini bersama presiden dan sejumlah menteri.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Hutama Karya: 70 Persen Rest Area Harus Diisi UMKM di Tol Bakauheni
Artikel Selanjutnya
Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Baru Memiliki Satu Rest Area Sementara