Sukses

Sedang Masa Percobaan Kerja 3 Bulan? Lakukan 5 Hal Ini

Tak perlu takut, banyak trik yang bisa Anda terapkan untuk lolos dari masa percobaan.

Liputan6.com, Jakarta - Masa tiga bulan pertama dengan pekerjaan baru dapat menjadi landasan untuk berbagai pencapaian karier di masa depan. Orang-orang sukses umumnya mengetahui hal tersebut sejak memulai sebuah pekerjaan baru.

Tiga bulan pertama di tempat kerja baru merupakan waktu yang tepat untuk menentukan tujuan karir, membuktikan kemampuan dan membangun ikatan sosial dengan tim. Terlebih, masa tersebut seringkali menjadi tolak ukur kinerja Anda ke depan.

Di masa tersebut, berbagai atasan akan lebih fokus menilai kinerja, sikap dan disiplin kerja Anda di perusahaan. Tak perlu takut, banyak trik yang bisa Anda terapkan untuk lolos dari masa percobaan tersebut.

Berikut lima hal yang sebaiknya Anda lakukan di masa percobaan kerja seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (29/1/2019):

1. Berani memberikan solusi

Jangan takut memberikan pendapat saat baru bergabung dengan perusahaan baru. Banyak atasan yang senang melihat karyawan baru yang berani memberikan saran dan solusi terhadap persoalan yang tengah dihadapi tim.

2. Tak malu menunjukkan kemampuan dan pengetahuan

Banyak pegawai baru yang takut atau malu menunjukkan kemampuannya saat sedang rapat. Namun sejumlah atasan justru mengharapkan karyawannya memiliki keberanian untuk berbagi pengetahuan saat sedang rapat.

Tunjukkan saja pengetahuan Anda tanpa terlihat ingin memamerkan kemampuan yang dimiliki.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menunjukkan pengembangan diri

Terus menunjukkan produktivitas secara konsisten dapat memberikan kesan yang baik bagi perusahaan. Selain itu, Anda juga terus melakukan berbagai kebiasaan seperti membaca yang dapat mengembangkan diri Anda di tempat baru.

4. Meminta masukan

Setelah bekerja sebulan atau dua bulan, Anda bisa berkonsultasi pada atasan langsung untuk memastikan bahwa Anda berada di jalur yang tepat. Mintalah pendapatnya tentang bagaimana dia memandang kinerja Anda selama waktu tersebut.

Jangan lupa juga untuk meminta masukan agar Anda bisa terus berkembang lebih baik.

5. Membangun jaringan

Membangun jaringan sebenarnya tak sesulit anggapan kebanyakan orang. Tak hanya membangun hubungan baik dengan rekan sejawat, Anda juga perlu melakukan hal serupa dengan atasan.

Hal tersebut sebaiknya dilakukan sejak Anda masih dalam masa percobaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.