Sukses

Bingung Soal Logo di Kartu Kredit? Ini Beda Visa dan Mastercard

Liputan6.com, Jakarta - Baru pertama kali punya kartu kredit? Lalu, apakah Anda bingung dengan perbedaan logo Visa dan Mastercard yang ada di kartu kredit Anda?

Kartu kredit menjadi salah satu fasilitas pembayaran yang paling banyak diakses. Tidak hanya di dalam negeri saja, alat pembayaran yang satu ini memang memungkinkan Anda untuk bertransaksi di berbagai belahan dunia sekaligus.

Akses yang mudah dan jangkauan yang luas merupakan dua hal yang menjadi pertimbangan utama bagi kebanyakan orang untuk menggunakan layanan yang satu ini. Hingga saat ini, Visa dan Mastercard menjadi dua perusahaan terbesar yang menyediakan layanan kartu kredit.

Anda tentu sudah sangat familiar dengan kedua logo perusahaan tersebut, bukan? Kebanyakan kartu kredit memang dikeluarkan oleh Visa dan juga Mastercard, di mana perusahaan tersebut bekerja sama dengan bank lokal di berbagai negara untuk penerbitan kartu kredit itu sendiri.

Pada umumnya, sebagian orang justru tidak menyadari bahwa kedua perusahaan ini berbeda dan tentu saja memiliki keunggulan masing-masing.

Di dalam praktiknya, baik Visa maupun Mastercard, sama-sama menawarkan sejumlah fasilitas di dalam layanan mereka. Sehingga persaingan di antara kedua perusahaan ini terbilang sangat ketat, meskipun ada perusahaan lainnya yang meramaikan pasar. Sebagai pengguna, Anda tentu perlu memahami dengan baik berbagai perbedaan di antara kedua provider kartu kredit raksasa ini.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan mendasar antara Visa dan juga MasterCard yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Asal Perusahaan Visa dan Mastercard Berbeda

Baik Visa maupun MasterCard merupakan perusahaan yang berasal dari luar negeri. Kedua perusahaan ini berada di wilayah yang berbeda. Mastercard berasal dari Purchase, New York dan dikeluarkan oleh Mastercard Worldwide.

Sedangkan Visa International Service Association (VISA. INC) merupakan perusahaan yang berasal dari Foster City, California dan merupakan tempat di mana Visa berbasis.

Keduanya merupakan perusahaan besar dan memiliki tingkat persaingan ketat selama puluhan tahun terkahir.

2 dari 3 halaman

2. Jangkauan antara Visa dan Mastercard juga Beda

Meski keduanya sama-sama memiliki tingkat persaingan yang ketat di dalam layanan kartu kredit, namun Visa dan Mastercard memiliki perbedaan yang besar dalam jangkauan layanan mereka.

Visa adalah perusahaan teknologi pembayaran global yang menyediakan layanan pembayaran elektronik yang cepat, aman, dan andal dan diterima di lebih dari 53 juta merchant di 200 negara dan wilayah di seluruh dunia. Sebaliknya, MarterCard justru memiliki layanan yang lebih luas lagi, sebab bisa digunakan di hampir seluruh wilayah dunia, termasuk Amerika dan juga Eropa.

 

3 dari 3 halaman

3. Sistem Keamanan antara Visa dan Mastercard juga Berbeda

Di dalam penggunaannya, baik Visa maupun MasterCard sama-sama menerapkan sistem keamanan yang ketat pada kartu yang mereka terbitkan. Hal ini penting, untuk menjamin keamanan setiap transaksi yang akan dilakukan oleh para penggunanya.

MasterCard menerapkan sistem keamanan berupa Secure Code yang harus digunakan untuk setiap kali melakukan transaksi online, di mana PIN ini bisa dibuat sendiri oleh pengguna Mastercard tanpa perlu mendatangi bank penerbit kartu kreditnya.

Sedangkan Visa menerapkan tingkat keamanan yang berlapis pada setiap transaksi yang dilakukan nasabah untuk mengidentifikasi dan mencegah penipuan, diantaranya: menggunakan Kartu Chip EMV dan Tokenisasi; menerapkan Payment Card Industry Data Security Standards (PCI DSS); menghentikan penipuan sebelum terjadi dengan menggunakan Dynamic Risk-Based Authentication. 

Meski berbeda, kedua perusahaan ini sama-sama menerapkan sistem keamanan yang mumpuni di dalam layanan kartu kredit yang mereka keluarkan.

Berbeda Tapi Sama-Sama Memiliki Keunggulan

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda tentu sudah tidak asing dengan layanan Visa dan juga Mastercard yang merupakan 2 perusahaan raksasa provider sistem permbayaran. Kedua perusahaan berbeda dan sama-sama memiliki keunggulan masing-masing.

Sebagai pengguna, Anda perlu memahami dan mengetahui dengan detail apa dan bagaimana kartu kredit yang Anda gunakan bekerja, bukan?

Loading
Artikel Selanjutnya
Jalan-Jalan Pakai Kartu Kredit Lebih Untung, Ini Buktinya
Artikel Selanjutnya
5 Cara Efektif Bekerja Sambil Liburan