Sukses

Punya Kartu Kredit? Ini Trik Kumpulkan Poin Reward

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kartu kredit dan aktif menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan belanja bulanan, Anda tentu paham benar bagaimana alat pembayaran ini bisa memberi banyak keuntungan bagi Anda.

Jika digunakan dengan cara yang tepat, kartu kredit memang bisa memberikan banyak manfaat dan juga penghematan di dalam keuangan. Beragam fitur di dalamnya memiliki banyak kelebihan dan Anda bisa memanfaatkan semua itu untuk menghemat pembelanjaan.

Apa Kegunaan ‘Poin Reward’ Kartu Kredit?

Mengumpulkan poin rewards menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat, sebab poin-poin ini bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah yang menarik, seperti voucher belanja, produk menarik, tiket pesawat, paket liburan, dan yang lainnya.

Semakin banyak jumlah poin yang bisa Anda kumpulkan, maka Anda akan semakin diuntungkan, karena semakin banyak juga hadiah yang bisa Anda bawa pulang.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan poin reward ini, beberapa di antaranya bahkan begitu mudah dan cepat.

Nah, bagaimana caranya? Berikut ini trik kumpulkan poin reward kartu kredit Anda, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih Jenis Transaksi yang Memberikan Poin Terbanyak

Tentu saja, untuk bisa mendapatkan poin reward, maka kartu kredit yang Anda punya juga harus memiliki fasilitas poin reward. Perhatikan berapa banyak poin reward yang bisa Anda dapatkan dari jenis transaksi tertentu.

Misalnya, penerbit kartu kredit menawarkan poin reward yang besar untuk belanja elektronik. Maka Anda bisa belanja produk tersebut dengan kartu kredit.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Kartu Kredit untuk Belanja Bulanan

Untuk mendapatkan lebih banyak poin reward, gunakan kartu kredit untuk belanja bulanan. Sebab biasanya fasilitas poin reward selalu ada pada merchant-merchant belanja retail, seperti minimarket, supermarket, swalayan, dan lainnya.

3. Bayar Tagihan dengan Kartu Kredit

Biasanya penerbit kartu kredit kerjasama dengan perusahan menyedia energi maupun layanan informasi. Maka akan sangat tepat jika Anda mengalihkan semua tagihan bulanan Anda ke kartu kredit tersebut.

Anda bisa melakukan hal ini dengan mudah, terutama jika selama ini Anda masih melakukan auto debet dari rekening tabungan dan belum pernah menggunakan layanan kartu kredit untuk semua tagihan bulanan Anda.

Ada banyak jenis tagihan yang bisa Anda bayarkan dengan kartu kredit, seperti listrik, air, TV kabel, internet, telepon, dan lainnya.

3 dari 4 halaman

4. Cari Informasi Merchant yang Kerjasama dengan Kartu Kredit Anda

Beda kartu kredit, beda juga program dan marchat yang bekerjasama. Meski hampir semua kartu kredit memiliki program poin reward, namun tidak semua kartu-kartu ini memberikan poin di dalam setiap pembelanjaan yang dilakukan.

Pastikan Anda mencari tahu dan mengumpulkan informasi yang akurat terlebih dahulu, terkait dengan merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit yang Anda gunakan.

Beberapa merchant bahkan bisa saja memberikan program yang lebih menguntungkan, seperti double poin reward dan yang lainnya, dan Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan keuntungan lebih.

5. Tawarkan Bantuan Belanja ke Teman dan Keluarga

Tidak semua orang memiliki kartu kredit, dan Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengumpulkan lebih banyak poin rewards di kartu Anda.

Tawarkan bantuan kepada teman atau keluarga yang tidak memiliki kartu atau bahkan sibuk, namun ingin membeli sesuatu dengan menggunakan kartu kredit.

Anda bisa menggunakan kartu kredit Anda untuk pembelanjaan ini dan mendapatkan sejumlah poin rewards atas pembelanjaan tersebut. Selain itu, Anda tentu bisa menolong teman dan keluarga untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan, bukan?

4 dari 4 halaman

6. “Bayarin” Teman-Teman saat Makan

Anda juga bisa menjadi juru bayar ketika makan bersama dengan teman-teman dengan menggunakan kartu kredit. Anda bisa mengumpulkan banyak poin rewads dari aktivitas ini.

Tawarkan bantuan untuk mendahulukan pembayaran makanan tersebut, selanjutnya teman-teman Anda bisa membayarkan secara tunai kepada Anda.

Manfaatkan Kartu Kredit dengan Benar dan Bijak

Menggunakan kartu kredit memang bisa memberikan banyak keuntungan, termasuk sejumlah poin rewards yang bisa ditukarkan.

Namun untuk mendapatkan poin rewards ini, jangan sampai Anda melakukan pembelanjaan yang “gila-gilaan” yang justru akhirnya berujung pada masalah keuangan.

Pastikan Anda selalu belanja secara terencana dan bijak, sehingga Anda bisa memanfaatkan kartu kredit secara maksimal dan mendapatkan sejumlah poin rewards dengan cara yang tepat.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Jitu HRD Bisa Merekrut Pekerja Kreatif
Artikel Selanjutnya
Mau Bisnis Tapi Masih Bingung Modal? Cari Sumber Dana di Sini