Sukses

9 Jurus Jitu Mengatasi Kesulitan Komunikasi di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Meniti karier di dalam sebuah perusahaan, Anda tentu akan memiliki kebutuhan untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Tidak hanya dengan rekan kerja saja, kemampuan berkomunikasi seperti ini pada umumnya akan dibutuhkan dalam berbagai kesempatan, termasuk di saat-saat penting dalam karier Anda.

Anda akan berhadapan dengan banyak orang, mulai dari atasan, klien, hingga orang-orang penting lainnya di dalam perusahaan. Jika tidak bisa berkomunikasi dengan baik, maka bukan tidak mungkin karier Anda akan terhambat, bukan?

Penting untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, mengingat hal ini akan memberikan dampak pada perkembangan karier Anda. Meski terasa sulit, dengan latihan yang tepat Anda bisa memiliki kemampuan yang baik dalam urusan yang satu ini.

Pada awalnya mungkin Anda akan merasa kurang nyaman atau bahkan sedikit bingung, namun seiring dengan berlalunya waktu, Anda akan memiliki skill yang baik dalam berkomunikasi. Lakukan hal ini dengan langkah-langkah yang tepat, agar Anda bisa segera menguasainya dengan cepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah komunikasi di tempat kerja, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pahami Apa Tujuan Anda saat Akan Bicara?

Memulai percakapan untuk pertama kalinya mungkin akan terasa kaku atau bahkan sulit. Namun tidak jika Anda sudah memahami dengan baik tujuan Anda ketika akan mengobrol.

Tidak perlu gugup, biasakan untuk selalu memahami dengan baik tujuan Anda ketika akan memulai percakapan, sehingga komunikasi ini bisa berjalan dengan nyaman dan lancar.

2 dari 6 halaman

2. Fokuslah pada Apa Sasaran Percakapan Anda

Jika sudah memahami tujuan percakapan, tetaplah fokus pada sasaran tersebut. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk lebih mudah menyampaikan tujuan Anda, sehingga tidak membuat lawan bicara kebingungan.

Hindari untuk melakukan basa-basi yang tidak penting, terutama terkait dengan berbagai urusan yang cukup mendesak.

3. Temukan Apa Pesan Utama yang Anda Sampaikan?

Apa yang akan Anda sampaikan atau bahkan apa yang sudah Anda dengarkan dari rekan kerja Anda? Pastikan Anda menemukan pesan pokok dari percakapan tersebut, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk mengingatnya. Sikap seperti ini akan membuat tujuan percakapan menjadi tersampaikan dengan baik.

3 dari 6 halaman

4. Sampaikan Tujuan Percakapan pada Waktu yang Tepat

Jika sudah memulai percakapan, jangan lupa untuk menyampaikan tujuan awal yang telah Anda tetapkan tersebut. Pilihlah waktu yang paling tepat, di mana Anda bisa menyampaikannya dengan baik dan lawan bicara Anda bisa menyimak dan menerimanya dengan baik juga.

5. Gunakan Bahasa Tubuh yang Baik

Saat berbicara, gunakan gaya bahasa tubuh yang baik. Artinya menatap mata lawan bicara dengan porsi secukupnya. Jangan sekali-kali memalingkan mata ke arah lain saat lawan bicara meminta perhatian Anda. Tentu saja ini akan menyinggung perasaan lawan bicara karena dia merasa diabaikan.

4 dari 6 halaman

6. Mendengar dan Mencerna dengan Baik Percakapan

Bukan hanya menyampaikan tujuan Anda, di saat bersamaan Anda juga perlu menjadi seorang pendengar yang aktif untuk lawan bicara Anda.

Tunjukkan sikap yang baik, di mana Anda medengarkan dan menyimak apa yang sedang disampaikan oleh lawan bicara Anda. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus memahami yang disampaikannya dengan baik.

7. Bertanyalah dengan Sopan

Jika Anda tidak memahami atau bahkan merasa kurang jelas dengan apa yang disampaikan oleh lawan bicara Anda, maka pastikan Anda bertanya dengan cara yang tepat dan sopan.

Hindari cara bertanya yang terkesan ketus atau bahkan provokatif, sebab hal ini akan membuat lawan bicara Anda menjadi tidak nyaman.

5 dari 6 halaman

8. Berikan Empati dan Respons yang Positif

Hindari untuk membanggakan diri atau bahkan berbagai sikap sombong lainnya di depan lawan bicara Anda. Tunjukkanlah empati dan sikap yang positif kepada lawan bicara Anda, sehingga komunikasi Anda tidak berjalan searah saja.

9. Bersikaplah dengan Pikiran Positif

Pikiran Anda tentu akan sangat mempengaruhi sikap Anda, itulah mengapa sangat perlu untuk selalu berpikir positif terhadap pembicaraan dan juga lawan bicara Anda. Sikap seperti ini akan membuat komunikasi berjalan dengan lebih lancar.

6 dari 6 halaman

10. Pahami Hak Lawan Bicara Anda

Bukan hanya Anda saja, lawan bicara Anda tentu memiliki hal yang sama ketika sedang berkomunikasi dengan Anda. Hal ini bisa saja berupa kemarahan, rasa kesal, dan yang lainnya. Pahami hal ini dengan baik dan tetaplah bersikap positif ketika mereka menunjukkannya.

11. Akhiri Percakapan dengan Sopan

Jika sudah menyampaikan tujuan dan juga menyelesaikan percakapan, pastikan Anda mengakhirinya dengan baik dan sopan. Apapun reaksi lawan bicara Anda, tunjukkanlah sikap dan pikiran yang positif ketika mengakhiri pembicaraan.

Mulai dari Sekarang, Berkomunikasilah dengan Cara yang Tepat

Berkomunikasi merupakan kebutuhan wajib di dalam pekerjaan, terutama jika Anda bekerja dengan orang lain. Tidak selalu buruk, Anda bisa memulai hal ini dengan cara yang menyenangkan.

Pahami dan lakukan komunikasi dengan cara yang tepat sejak sekarang, sehingga Anda bisa memiliki kemampuan yang baik dalam bidang yang satu ini.

Puluhan Koki India Buat Dosa Terpanjang di Dunia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Menyesal Setelah Ajukan Resign? Ini Tips Atasinya
Artikel Selanjutnya
KTA vs Kartu Kredit, Mana yang Lebih Baik?