Sukses

Studi: Wanita yang Jarang Dandan Lebih Cocok Jadi Pimpinan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian wanita yang naik jabatan ke posisi lebih tinggi di perusahaan tertentu, kadang ingin mengubah penampilannya lebih cantik. Namun sebuah studi menemukan, wanita yang memakai terlalu banyak makeup justru dipandang kurang berkualifikasi untuk memegang posisi tinggi di sebuah perusahaan.

Sebaliknya, melansir laman studyfinds.org, Jumat (14/12/2018), wanita yang kurang dandanjustru dipandang lebih kuat sebagai sosok pemimpin di sebuah perusahaan.

Abertay University melakukan studi terhadap 168 orang dewasa yang terdiri dari 48 pria dan 120 wanita untuk membuktikannya.

Seluruh partisipan lantas diminta untuk melihat satu wajah wanita dengan dua tipe makeup. Wanita yang pertama diberikan makeup natural tanpa banyak menggunakan kosmetik, sedangkan wajah lainnya mengaplikasikan makeup ala sosialita.

Para partisipan kemudian diminta memilih wajah yang mana yang menggambarkan sosok pimpinan yang lebih baik. Hasilnya, hampir semua partisipan memilih wanita tanpa banyak riasan sebagai pimpinan perusahaan yang lebih kuat.

"Riset ini sebenarnya merupakan lanjutan dari studi sebelumnya tentang pemakaian riasan yang menguak seberapa dominan seorang wanita berperan di tempat kerjanya," terang pimpinan riset Christopher Watkins dalam rilis studinya.

Dalam riset sebelumnya, wanita yang mengaplikasikan banyak riasan dianggap lebih dominan. Namun para pria justru memandang wanita yang tak banyak berdandan memiliki nilai lebih dalam hal memimpin.

Riset tersebut menunjukkan, wanita juga cenderung merasa iri jika melihat rekan wanitanya memakai riasan di kantor.