Sukses

Ini Tips Jadi Pemimpin ala Bos SKK Migas

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto berbagi tips-tips khusus untuk menjadi pemimpin handal di era industri 4.0.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto berbagi tips-tips khusus untuk menjadi pemimpin handal di era industri 4.0

Sebagai Kepala SKK Migas baru, ia diundang hadir untuk berbagi pandangannya dalam acara CIO Forum 2018, yakni forum praktisi dan akademisi hadir berdiskusi seputar perkembangan informasi dan teknologi (IT) terkini.

Ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala SKK Migas, ada dua hal yang ia pandang penting sebagai karakter dari seorang pemimpin. Dua karakter ini ialah tahan banting dan juga integritas.

"Tips jadi pemimpin ialah Anda harus kerja keras. Dan tentunya harus mau selalu belajar," ucap dia di CIO Forum, Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018).

Dwi menambahkan, poin lainnya usai kerja keras ialah integritas. Dengan integritas, ide atau inspirasi akan datang menghampiri seorang pemimpin.

"Kemudian jangan lupa jaga profesionalisme lewat integritas. Kalau integritas menjadi komitmen, maka akan ketemu ide-ide yang luar biasa. Kalau  integritas kita kacau, maka orang pinter juga bisa kelihatan bodoh," ujar dia.

Pada kesempatannya berdiskusi dengan berbagai panel, Dwi Soetjipto lebih memaparkan kiat-kiat dan motivasi menjadi pemimpin di depan para mahasiswa yang hadir. 

Adapun CIO Forum 2018 ini masih akan berlangsung hingga besok di Balai Kartini. Untuk melihat detail panel dan pembicara yang bakal hadir di CIO Forum 2018, ini dapat dilihat dan diakses melalui situs www.cioforum.id Beberapa sponsor besar dan partner turut mendukung keberlangsung forum IT ini antara lain seperti Kapanlagi Youniverse (KLY), Liputan6.com, Codepolitan, Mata Garuda dan masih banyak lagi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tunjuk Dwi Soetjipto Jadi Kepala SKK Migas

Sebelumnya, Dwi Soetjipto diangkat sebagai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), menggantikan Amien Sunaryadi yang telah menyelesaikan masa baktinya.

‎Hal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait pemberhentian dengan hormat Amien Sunaryadi sebagai kepala SKK Migas, serta mengangka Dwi Soetjipto sebagai Kepala SK Migas. Keputusan tersebut tersebut berlaku 30 November 2018.

Sebelumnya Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan,  Amien Sunaryadi sudah tidak lagi menjabat sebagai Kepala SKK Migas sejak 18 November 2018. Hal tersebut disebabkan masa baktinya yang sudah habis, setelah menjabat selama 4 tahun.

"Masa tugasnya selesai 18 November kemarin, masa jabatannya  4 tahun sekali, berarti pengangkatannya 18 November empat tahun lalu 2014," kata Djoko.

Menurut Djoko, ‎ kekosongan jabatan Kepala SKK Migas diisi oleh Wakil Kepala SKK Migas Sukandar. Hal ini telah ditetapkan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan sampai ada pengisi jabatan definitif.

"Sudah sejak Senin (26/11/2018), yang ngangkat (Sukandar kepala sementara) pak menteri, sampai ada penetapan yang baru," tutur dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.