Sukses

Kenapa Perempuan Harus Mandiri dalam Hal Keuangan?

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai orang yang sudah beranjak dewasa dan sungkan bergantung dengan orang tua, Anda mungkin memiliki pikiran untuk mandiri secara finansial. Ini menjadi penting bagi siapa saja, termasuk kaum perempuan.

Mandiri secara finansial bukan hanya soal kemampuan mencukupi kebutuhan pribadi. Namun, upaya untuk mengelola keuangan demi menghadapi situasi kebutuhan yang tidak terbatas ke depannya.

Dalam hidup Anda akan selalu menemukan ketidakpastian, bahkan ketika Anda sudah merencanakan keuangan dengan detail sekalipun. Mempersiapkan keuangan bersamaan dengan kepastian yang membayangi, merupakan sebuah tantangan, maka dari itu Anda harus mempersiapkannya sebaik mungkin.

Dikutip dari Swara Tunaiku, mandiri secara finansial sudah selayaknya dilakukan semua orang. Mumpung masih muda, sadari dan lakukan hal-hal berikut ini sedini mungkin. Memang tidak semua orang bisa melakukannya. Namun, fakta ini tidak bisa jadi dalil untuk tidak mencoba belajar.

Akan ada banyak manfaat yang Anda peroleh setelah sukses mandiri secara finansial. Ini buktinya!

1. Memiliki sekoci cadangan

Meskipun sudah berkeluarga, Anda tidak bisa selamanya bergantung pada suami, terutama dalam hal finansial. Anda perlu mendukung suami untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga, baik secara moral maupun finansial.

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Tak ada yang bisa menjamin kalau perjalanan karier suami terus berjalan mulus. Oleh karena itu, dengan mandiri secara finansial, Anda bisa meringankan ekonomi keluarga Anda.

2 dari 4 halaman

2. Persiapan kebutuhan meroket

Inflasi, tidak hanya presiden dan jajaran pemerintah saja yang pusing soal ini. Anda perlu memikirkan ini, sebab inflasi berpengaruh terhadap naiknya kebutuhan Anda.

Naiknya harga-harga kebutuhan yang melejit dalam waktu yang singkat, seolah membuat rencana keuangan kita makin sirna. Supaya tidak membebani pikiran terus-menerus, kini saatnya untuk fokus mengelola uang dengan efektif. Rajin bekerja sembari tetap berusaha menabung.

3. Meningkatkan moral diri

Pada umumnya orang yang mandiri secara finansial mampu mengambil keputusan sendiri dan tidak mau bergantung dengan siapapun. Hal ini juga akan meningkatkan harga dirimu dan Anda bakal lebih percaya diri, untuk menghadapi segala situasi.

Mandiri secara finansial juga ditunjukkan dengan sikap perempuan yang mau bermimpi dan memiliki aspirasi. Dalam pemenuhannya, mereka berusaha untuk ikut kursus untuk meningkatkan keahlian mereka, pergi berlibur dengan teman, dan membeli barang-barang yang mereka inginkan.

3 dari 4 halaman

4. Punya posisi tawar yang baik

Sejauh ini masih banyak fakta ditemukan bahwa perempuan sering mengalami kekerasan dan penindasan, serta pembatasan hak oleh masyarakat, bahkan di lingkungan keluarganya sendiri.

Dengan berusaha mandiri secara finansial, persoalan ini bisa lebih ditekan. Pun ketika Anda berada di lingkungan yang patriarkis, setidaknya Anda mampu menunjukkan bahwa Anda bukan perempuan yang ‘helpless’.

5. Membantu negara lebih maju

Angkatan pekerja perempuan memang belum sebanyak lagi, tetapi terus bertambah. Selain itu, banyak juga perempuan yang telah membuktikan potensinya melalui berbagai prestasi. Angkatan pekerja perempuan telah memberikan kontribusi positif pada kestabilan negara, terutama dalam sektor ekonomi dan industri.

Perempuan berpenghasilan dan mandiri secara finansial juga membantu meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Di samping itu, pajak yang Anda keluarkan juga akan meningkatkan pendapatan pemerintah yang digunakan untuk kesejahteraan rakyat. Lebih dalam lagi, arus keuangan bisa mengalir sampai ke badan amal, sehingga upaya peningkatan kesejahteraan bisa mencapai lebih jauh lagi.

4 dari 4 halaman

6. Menjadi aspirasi

Memiliki segudang prestasi dan mandiri secara finansial bakal menyelamatkan dirimu dari batasan dan ketidakpastian masa depan. Hal ini akan menginspirasi orang-orang terdekatmu. Apa yang Anda lakukan akan memotivasi orang lain melakukan hal yang sama. Termasuk generasi setelahmu.

Anak akan berperilaku sesuai apa yang mereka lihat. Dengan melihat bahwa ibunya mandiri secara finansial, ia akan lebih menghargai uang dan kerja keras. Kemudian berusaha mandiri dalam hidup ketika mereka tumbuh dewasa.

7. Aktualisasi diri

Salah satu kebutuhan manusia adalah aktualisasi diri. Perempuan harus menyadari hal ini. Mandiri secara finansial merupakan bentuk aktualisasi diri perempuan masa kini. Banyaklah bergaul dan perbanyak wawasan, serta gali terus potensimu.

Sebagai perempuan, Anda punya hak terhadap kebebasan. Gunakan kesempatan yang ada untuk berbuat positif. Perempuan yang mandiri secara finansial bakal menjadi inspirasi banyak orang. Hal yang paling pentingnya, Anda mampu melawan batasan dan melewati segala ketidakpastian di masa depan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Uji Coba Kartu Prakerja di Jakarta dan Bandung
Artikel Selanjutnya
Pusing Saat Harus Mengatur Keuangan, Begini Tipsnya