Sukses

7 Cara Memulai Bisnis Properti dengan Modal Sedikit

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis properti tidak selalu memerlukan modal yang besar. Bisnis di bidang ini bisa dimulai dengan modal sedikit dan sangat mungkin untuk sukses.

Namun, memulai bisnis dengan modal yang sedikit itu harus ekstra dan membutuhkan beberapa cara agar keuntungan bisa berlipat ganda.

Simak tips dan trik dari Swara Tunaiku berikut ini:

1. Berangkat dari nol

Dalam dunia properti, pengalaman bisa jadi lebih penting daripada modal. Dengan bermodalkan pengalaman, Anda bisa memulai bisnis properti dari nol rupiah. Pengalaman itu sangat berharga dan akan sangat membantu Anda dalam membangun bisnis.

Sebab, Anda sudah terbiasa menjalaninya secara langsung. Mental dan keahlian Anda telah terasah bertahun-tahun. Memulai bisnis dari titik nol memang lebih banyak tantangannya.

Akan tetapi, hal ini justru menempa mental Anda. Jangan lupa untuk selalu belajar dari setiap kegagalan dalam perjalanan menuju sukses.

2. Menciptakan kerjasama resmi dengan penjual

Pastikan Anda menjalin kerja sama secara resmi dengan penjual properti. Tujuannya tidak lain untuk memperoleh keuntungan dari penjualan properti. Siapapun penjualnya, apakah itu keluarga atau teman dekat, pastikan untuk selalu membuat kesepakatan tertulis bermaterai.

Salah satu poin di dalam perjanjian itu adalah rincian pembagian keuntungan. Selain itu, selalu bersikap jujur dalam menjalankan bisnis. Klasifikasi atau keterangan rumah dalam iklan harus sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Tidak berlebihan dan harganya rasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Selalu proaktif mencari calon pembeli

Setiap calon pembeli memiliki kriteria rumah sendiri. Karena itu, untuk mengetahui bahwa sebuah properti sesuai dengan keinginan calon pembeli, Anda harus rutin mengunjungi pameran properti.

Selain itu, Anda juga bisa mendatangi dan memeriksa kondisi apartemen atau perumahan yang sedang diincar calon pembeli. Bila sudah mendapatkan informasi lengkap maka barulah Anda meneruskannya kepada calon pembeli.

4. Menawarkan properti

Bila Anda benar-benar baru dalam dunia properti, Anda bisa memulainya dengan menawarkan properti kepada orang yang Anda kenal, apakah itu keluarga, tetangga, teman, ataupun rekan kerja. Pastikan Anda telah mengumpulkan detil properti dengan lengkap seperti lokasi, spek, dan harga.

 

3 dari 4 halaman

5. Rajin mengecek iklan

Salah satu kunci sukses dalam bisnis properti adalah pengetahuan terhadap tren dan kebutuhan pasar saat ini. Jadilah sosok yang ingin tahu.

Upayakan untuk rutin mengecek iklan properti lewat berbagai medium, seperti billboard, koran, maupun internet. Anda bisa mencoba menjadi makelar properti sambilan dan menawarkan properti kepada tetangga atau teman. Dalam proses inilah, Anda membangun pengalaman serta mendapatkan untung.

6. Membangun wadah promosi

Dalam menjalankan bisnis, Anda bisa menggunakan zero marketing agar hemat biaya. Manfaatkan situs yang tersedia, seperti blog ataupun website dengan template gratis. Di sinilah Anda bisa mempromosikan produk.

Pastikan Anda memasang gambar atau foto yang jelas, disertai informasi yang lengkap. Promosi lewat internet memungkinkan produk Anda dikenal banyak orang. Sehingga potensi lakunya pun tinggi.

 

4 dari 4 halaman

7. Brand bisnis itu penting

Brand harus lebih dulu ada sebelum Anda meluncurkan bisnis properti. Lewat cara ini Anda bisa meyakinkan orang dan terlihat lebih profesional. Selain itu, pastikan telah mendaftarkan bisnis Anda secara hukum. Pilihlah nama badan hukum yang gampang diingat.

Menekuni bisnis properti itu tidak selalu sesulit yang dibayangkan. Dengan niat dan kreativitas, Anda bisa memulainya walaupun dengan modal sedikit. Jalankan dengan kesungguhan dan sukses mungkin menunggu Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.