Sukses

Tebak, Wajah Siapa yang Paling Sering Muncul di Mata Uang Berbagai Dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, mata uang kertas biasanya berisi gambar para pahlawan dan tokoh nasional seperti Soekarno & Hatta, Tjut Meutia, dan Dr. Tjiptomangunkusumo. Namun, tahukah Anda, wajah siapa yang paling banyak muncul di mata uang berbagai negara di dunia?

Melansir laman resmi Guinness World Records, Jumat (14/9/2018), Ratu Elizabeth II adalah jawabannya. Dengan memecahkan rekor dunia kategori 'Most Currencies featuring the same individual', wajah Ratu Elizabeth II muncul di mata uang dari sedikitnya 35 negara berbeda.

Mengutip Time.com, Kanada tercatat sebagai negara pertama yang menggunakan wajah Sang Ratu dalam salah satu mata uangnya. Pada 1935, pemerintah Kanada mencetak uang USD 20 dengan menggunakan wajah Ratu Elizabeth II yang baru berusia 9 tahun.

Seringnya, gambar Sang Ratu digambarkan formal dengan pakaian kerajaan menggenggam tongkat kerajaan dan mengenakan mahkota. Meski begitu, Kanada dan Australia lebih memilih gambar Ratu dengan gaun polos dan kalung mutiara. 

Meski banyak negara memperbarui mata uangnya guna merefleksikan perubahan usia Sang Ratu, sebagian besar negara lain masih menggunakan wajah Sang Ratu Elizabeth II saat muda. Saat Belize merancang ulang mata uangnya pada 1980, negara tersebut memilih potret yang sudah berusia 20 tahun.

Sementara itu, di posisi kedua terdapat Ratu Victoria yang wajahnya juga muncul di banyak negara. Ada 21 negara berbeda yang pada mata uangnya terdapat gambar Ratu Victoria. Sementara di posisi ketiga adalah gambar Raja George V. Wajahnya muncul di mata uang dari 19 negara berbeda.

 

1 dari 2 halaman

Ratu Elizabeth Juga Pernah Berakting di Pembukaan Olimpiade

Sebelumnya, publik dibuat kaget oleh aksi Presiden RI Joko Widodo dalam pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta pada Sabtu 18 Agustus 2018 malam. Meski diperankan sebagian oleh stuntman(pemeran pengganti), aksi Jokowi mengendarai motor ini tetap menuai pujian dari masyarakat dalam maupun luar negeri.

Aksi ekstrem tokoh dunia sebetulnya bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, pada upacara pembukaan Olimpiade London 2012 Ratu Elizabeth juga menggunakan skenario serupa.

Dikutip dari laman Telegraph.co.uk, Senin (20/8/2018), aksi Ratu Elizabeth saat membuka Olimpiade London tak hanya dilakukan sendirian. Ia turut ditemani oleh Daniel Craig, pemeran James Bond.

Dalam adegan ini, Craig dan Ratu Elizabeth naik helikopter dari Istana Buckingham. Helikopter itu lantas menuju Stadion Millennium Cardiff, lokasi pembukaan Olimpiade.

Para penonton dibuat kaget saat melihat Ratu Elizabeth yang sudah diganti oleh stuntman melompat dari helikopter bersama Craig dengan bantuan parasut.

Singkat cerita, setelah melakukan aksi terjun payung Ratu Elizabeth langsung keluar menuju tribun dan membuka gelaran pembukaan Olimpiade.

Pola semacam inilah yang juga dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Mulanya, Jokowi keluar dari Istana Bogor dan menaiki mobil menuju Gelora Bung Karno , tempat pelaksanaan Asian Games 2018.

Saat iring-iringan mobil presiden hendak tiba di GBK, terlihat sejumlah suporter yang turun ke jalan untuk memberi dukungan kepada atlet Indonesia. Namun, semangat mereka ini justru memicu kemacetan.

Jokowi pun mengambil keputusan untuk keluar dari mobil dan melanjutkan perjalanan dengan motor. Ada banyak adegan ekstrem, terutama saat Jokowi melakukan akrobat layaknya film action.

Setiba di GBK, motor yang seolah-olah dikendarai oleh Jokowi langsung masuk ke dalam ruang bawah tanah diiringi oleh gemuruh tepuk tangan penonton. Setelah itu, barulah Jokowi yang sebenarnya masuk ke dalam podium undangan.

 

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
7 Negara Ini Rentan Kena Krisis Mata Uang
Artikel Selanjutnya
Di Tengah Pelemahan Rupiah dan Lira, Bath dan Ringgit Stabil