Sukses

Pembangunan Tribun Venue Voli Pantai Asian Games Telah Rampung

Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan tribun VIP untuk venue cabang olahraga (cabor) voli pantai di Kompleks Jakabaring Sport City.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan tribun VIP untuk venue cabang olahraga (cabor) voli pantai di Kompleks Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Pembangunan itu dilakukan untuk menyukseskan perayaan Asian Games 2018. Menteri PUPR yang juga Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana Asian Games XVIII, Basuki Hadimuljono, mengatakan seluruh venue yang digunakan pada Asian Games ditargetkan selesai akhir bulan ini. 

"Seperti yang sering disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, bahwa sukses Asian Games pada intinya ada tiga, yakni sukses penyediaan venue atau infrastruktur, sukses penyelenggaraan, dan sukses prestasi olahraga," kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (21/6/2018). 

Adapun bangunan tribun VIP untuk kegiatan Asian Games ini terdiri atas tiga lantai dengan luas bangunan 3.000 meter persegi. Lantai satu, yakni tribun terdiri atas area delegasi, control commitee/court manager area, press and non competed athlete area, dan competed athlete area. Sedangkan untuk VIP, VVIP serta tribun area di lantai 2 dan 3, itu memiliki kapasitas sebanyak 478 orang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Tribun Lengkapi Venue Voli

Pembangunan tribun tersebut akan melengkapi venue voli Pantai yang sebelumnya telah selesai dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan. 

Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya pun berkoordinasi dengan pihak Pemprov untuk menangani beberapa bangunan pendukung lain serta penataan lansekap di sekitar area venue.

Selain itu, Kementerian PUPR juga memfasilitasi perluasan field of play (FOP) dengan mendatangkan pasir kuarsa dari Pulau Bangka serta fasilitas khusus bagi penonton difabel. 

Konstruksi tribun VIP tersebut dikerjakan dalam waktu kurang dari 6 bulan dan mendapatkan apresiasi dari technical delegate cabang olahraga voli pantai lantaran pada saat test event Oktober 2017 lalu tribun tampak masih menggunakan tenda.

Venue ini mempunyai keunikan sendiri dengan menghadirkan suasana pantai karena berada di tepi Danau Jakabaring, yang juga digunakan multievent untuk berbagai cabor antara lain triatlon, mendayung, kano, dan perahu naga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.