Sukses

Tarif Listrik Bisa Turun, Ini Syaratnya

Saat ini memang sudah ditetapkan harga gas khusus ‎untuk kelistrikan, tetapi formulanya masih dikaitkan dengan harga minyak Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan harga gas khusus untuk sektor kelistrikan, seperti halnya harga batu bara khusus. Jika usulan ini dikabulkan, maka bisa menurunkan tarif listrik.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, dirinya telah mengusulkan harga gas khusus untuk alokasi kebutuhan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO). Harga has khusus tersebut untuk sektor kelistrikan.

"Dari awal pun DMO sudah harus ada. Maksud saya kalau sekarang tanpa DMO pun kalau mau murah untuk kepentingan dalam negeri bisa murah," kata Andy, di Jakarta, Sabtu (19/5/2018).

Jika harga biaya pokok produksi listrik semakin murah, maka akan berimbas pada tarif listrik yang dibebankan ke masyarakat bisa turun. Dampaknya, masyarakat bisa menjangkau listrik murah.

‎"Mimpi saya harga listrik turun, orang miskin yang enggak mampu bebas listrik sebesar 25 kilo Watt hour (kWh) per bulan. bebas free, tidak usah bayar, kita kasih saja," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patokan Masih Harga Minyak

Andy mengungkapkan, saat ini memang sudah ditetapkan harga gas khusus ‎untuk kelistrikan. Namun formulanya masih dikaitkan dengan harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP). Sehingga jika ICP mengalami kenaikan maka secara otomatis harga gas naik, kondisi ini membuat biaya pokok produksi listrik semakin berat.

"Kalau di sini sudah ada gas dialokasikan dalam negeri sudah tapi harga beda-beda ya, sekarang ICP berapa USD 67 perbare ya sekarang total 14,5 persen, agak berat," paparnya.

Namun gagasan Andy tersebut masih bertepuk sebelah tangan, belum ada tindaklanjutnya. Meksi begitu dia mengklaim Menteri ESDM Ignasius Jonan telah menyambut positif usulanya."Yang belum respon ya saya nggak tau siapa. Pak Menteri sih maunya cepet, cepat,"tandasnya.

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.