Sukses

Pasokan Listrik Ruteng-Labuan Bajo Kini Bertambah

‎Proyek kelistrikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV untuk meningkatkan pemerataan listrik di wilayah Ruteng -Labuan Bajo.

Liputan6.com, Labuan Bajo - PT PLN (persero) merampungkan pembangunan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Ruteng -Labuan Bajo, di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). ‎Proyek kelistrikan tersebut demi meningkatkan pemerataan listrik di wilayah tersebut.

Direktur PLN Regional Jawa Bagian Timur Bali Nusa Tenggara Djoko Raharjo Abu Manan mengatakan,‎ PLN telah menyelesaikan pembangunan SUTT 150 kV sepanjang 150 kilo meter sirkuit (kms), yang terdiri dari 228 tapak tower. Adapun total yang harus dibangun mencapai 230 tapak tower.

Saat ini masih ada 2 tower SUTT yang sedang dalam proses pembangunan‎, dan ditargetkan selesai Mei 2018.

"‎Kami kini bisa segera menyelesaikan pembangunan seluruh tower," kata Djoko, saat acara seremonial di Kantor Pemerintah Daerah Maggarai Barat, Labuan Bajo, NTT, Rabu (28/3/2018).

Djoko mengungkapkan, dengan terbangunnya jaringan transmisi SUTT 150 KV Ruteng - Labuan Bajo bisa menambah pasokan daya sebesar 15 megawatt (MW) dari pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Ulumbu dan 20 MW dari MPP Flores. Sehingga kehandalan sistem kelistrikan Labuan Bajo dan sistem kelistrikan Flores akan meningkat.

Menurut Djoko, Upaya PLN dalam membangun jaringan kelistrikan di Flores tersebut mendapat dukungan seluruh pihak yang ada di Manggarai Barat, dalam hal pembebasan lahan.

"Listrik yang handal tentu sangat penting terlebih Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata favorit, untuk itu dukungan semua pihak sangat kami butuhkan untuk penyelesaian seluruh tower transmisi ini," ‎paparnya.‎

Acara ini dihadiri Direktur PLN Regional Jawa Bagian Timur Bali Nusa Tenggara Djoko Raharjo Abu Manan, Bupati Manggarai Barat Agustinus C.Dula, Anggota DPR Komisi VII Ferry Kase, serta Yozua Makes sebagai pemilik Plataran Group dan beberapa pejabat daerah lainya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen

‎Sebagai wujud terimakasih dan apresiasi kepada suluruh pihak yang membantu dan mendukung kelancaran pembangunan transmisi dan pembangkit listrik di wilayah manggarai barat.

PLN mengadakan syukuran dengan tema “Mari Kita Bangun Infrastruktur Kelistrikan dan Wujudkan Labuan Bajo Menjadi Pariwisata Kelas Dunia.” Syukuran ini dipusatkan di Gedung Serbaguna Pemda Manggarai Barat.

Selain itu dalam acara tersebut dilaksanakan penandatangan komitmen membangun infrastruktur kelistrikan, dan mengelola sampah guna mewujudkan Labuan Bajo menjadi pariwisata kelas dunia oleh PLN, Pemda Manggarai Barat, pelaku bisnis, masyarakat dan stakeholder lainnya.

Adapun sebagai bentuk apresiasi PLN kepada Masyarakat, pada acara ini PLN juga memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar proyek dalam bentuk CSR meliputi :

1. Bantuan mck di masjid dan posyandu di Dusun Melo Desa Liang Ndara senilai Rp 25 juta.

2. Bantuan pembangunan MTS Insan Kamil Desa Nggorang sebesar Rp 50 juta

3. Bantuan pembuatan lapangan bola desa Liang Ndara Rp 25 juta

4. Bantuan pembangunan Mushola Dusun Liang Niki Desa Liang Ndara Rp 15 juta

5. Bantuan mobil ambulan untuk pemerintah daerah Manggarai Labuan Bajo Manggarai Barat NTT Rp 190 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.