Sukses

Menteri Susi: Saya Ingin Industri Perikanan Bergerak

Menteri Susi berharap para expander yang ada di KKP bisa memutarkan perekonomian di bidang kelautan dan perikanan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan jika tugas pemerintah hanya sebagai pembuat aturan. Adapun mandat pengelolaan sektor industri perikanan berada di tangan para nelayan dan pelaku lokal.

Sebab itu,Susi mengaku terus mendorong para pelaku usaha di sektor perikanan dalam negeri agar memanfaatkan sumber daya maritim Indonesia yang luar biasa.

"Saya mau, para suplier, kontraktor, pelaku usaha lainnya yang berkaitan dengan KKP, itu bisa melakukan transaksi bisnis dan transaksi program. Sehingga industri bergerak, dan program-program serta aturan pemerintah bisa jadi stimulus dalam pergerakan perikanan dan kelautannya," jelas Menteri Susi pada forum diskusi 'Marine and Fisheries Business and Investment Forum'  di Jakarta, Senin (12/2/2018)

Susi berharap para expander yang ada di KKP bisa memutarkan perekonomian di bidang kelautan dan perikanan.

"Kita trigger dari budget yang ada di KKP. Sehingga stakeholder tahu, ada berapa cold storage dibangun KKP. Ada berapa kapal yang dibuat dan diberikan kepada stakeholder," tukas dia.

Sejauh ini, langkah KKP untuk memperbaiki distribusi dan logistik hasil perikanan adalah dengan melakukan perluasan pelaksanaan Sistem Logistik lkan Nasional (SLIN).

Selain itu, pihaknya mendorong BUMN di sektor perikanan untuk melaksanakan usaha industri perikanan nasional yang bersifat perintisan dan strategis.

Lebih lanjut, Susi menyampaikan kepada pengusaha ikan lokal, bahwa ada bisnis interaksi yang melibatkan stakeholder dari luar negeri dan pihak perbankan. "Di sini perbankan punya dana, untuk disalurkan kepada para pengusaha," kata dia.

Terakhir, dia menegaskan bahwa kehadiran forum diskusi yang diadakan KKP adalah untuk menyelesaikan permasalahan bisnis, bukan hanya tempat berbagi obrolan saja.

"Indonesia terus mencoba memperbaiki ekonomi kelautan dan perikanannya melalui berbagai peraturan, dan itu sudah bergerak, namun masalah masih banyak, karena bisnisnya belum terkoneksi," paparnya.

"Oleh karena itu, kehadiran acara ini bukan hanya sekedar forum diskusi, tapi do something, take action dari situ. Buat forum bisnis bisa menyelesaikan permasalahan bisnis," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri Susi Minta Pemda Beri Lahan buat Bangun Pasar Ikan Modern

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengimbau semua Pemda di berbagai daerah Indonesia untuk memberikan lahan untuk membangun pasar ikan modern.

Susi Pudjiastuti pun menceritakan, seringkali lahan itu diberikan di lokasi yang jauh dari tempat tinggal masyarakat.

"Persoalan Pak Anies nih, saya ke daerah-daerah minta. Dikasihnya di sana, kebun Bakau, jauh dari masyarakat," kata Susi dalam sambutannya di lokasi groundbreaking Pasar Ikan Moderen, di daerah Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (8/2/2018).

Menteri Susi mengatakan, dengan diberikannya lokasi yang jauh dari tempat tinggal masyarakat maka tidak akan menggugah keinginnan masyarakat untuk datang ke sana.

Akhirnya keberadaan pasar itu justru tidak akan termanfaatkan dengan baik. Ia pun kembali mengimbau kepada pemda-pemda di berbagai daerah untuk memberikan lokasi yang dekat dengan tempat tinggal masyarakat.

"Jauh dari masyarakat, siapa yang mau datang? Nyamuk pun tak ada. Kasih di tengah masyarakat supaya berguna untuk masyarakat," pinta dia.

Susi Pudjiastuti juga menambahkan, jika diberikan lokasi yang dekat dengan masyarakat seperti di gedung-gedung pemerintahan, ini akan bermanfaat untuk menggerakkan roda ekonomi masyarakat di daerah tersebut. Contohnya seperti UKM perikanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.