Sukses

Harga Sayur Naik, Ayam Kampung dan Daging Sapi Stabil

Harga ayam kampung dan entok menjelang ‎Lebaran masih stabil, belum mengalami kenaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga beberapa sayuran di pasar tradisional naik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kenaikan tersebut karena persediaan mulai menipis. Sedangkan harga ayam dan daging sapi stabil. 

Pantauan Liputan6.com, di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta pada Jumat (23/6/2017), sayuran yang mengalami kenaikan tipis antara lain bawang merah, kentang, tomat dan buncis. 

Untuk bawang merah mengalami kenaikan sebesar Rp 10 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 50 per kg. Untuk kentang saat kondisi normal di harga Rp 16 ribu per kg sedangkan untuk saat ini mencapai Rp 22 ribu per kg.

Sedangkan untuk tomat naik tipis dari Rp 10 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg. Selain itu, harga buncis juga naik dari harga awal Rp 16 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg.

Menurut penjual sayuran, ‎Abidin (50), kenaikan harga tersebut terjadi baru pada pekan ini saja tepatnya dalam tiga hari terakhir. Salah satu alasan kenaikan harga sayur tersebut karena pasokan mulai menipis. Sementara, permintaan tidak mengalami penurunan. 

"Pasokan berkurang karena sudah ada yang mudik, jalanan macet, sementara permintaan terus naik," jelas Abidin.

Sayuran lain yang mengalami kenaikan harga adalah kacang panjang dari sebelumnya Rp 15 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg. Mentimun naik menjadi ‎Rp 14 ribu per kg sebelumnya Rp 5 ribu per kg. Untuk jagung naik dari Rp 5 ribu per kg menjadi Rp 6 ribu per kg.

Di luar itu, ada juga beberapa sayuran yang tak mengalami kenaikan harga. Beberapa sayuran tersebut adalah wortel Rp 10 ribu per kg, kol tetap Rp 9 ribu per kg, cabe rawit tak berubah di Rp 50 ribu per kg, cabe keriting masih sama di Rp 40 ribu per kg.

Sedangkan untuk harga daging ayam negeri mengalami kenaikan tetapi tak terlalu tinggi dari sebelumnya Rp 35 ribu per ekor menjadi Rp 40 ribu per ekor. Berbeda, ayam kampung tidak mengalami perubahan di Rp 180 ribu per ekor dan ‎entok tetap di Rp 200 ribu per ekor.

"Harga ayam kampung dan entok menjelang ‎Lebaran masih stabil, belum mengalami kenaikan," tutur penjual daging ayam Mustofa (35).

Penjual daging Uci (27) di lokasi yang sama, membanderol daging sapi segar Rp 130 ribu per kg. Dia mengklaim tidak melakukan kenaikan harga saat menjelang Lebaran. "Harganya daging Rp 130 ribu per kg, masih stabil, tidak ada kenaikan,"ucap dia.

Harga telur juga stabil. Seorang penjual telur di Pasar Kramat Jati, Ati (45), menjual telur ayam negeri Rp 21 ribu per kg, ayam kampung Rp 2 ribu per butir, dan telur bebek Rp 2.200 per butir.

Menurut Ati, harga telur tetap stabil meski mengalami kenaikan permintaan menjelang Lebaran. "Minggu kemarin ada kenaikan lumayan. Walau ada kenaikan harga stabil," tutup Ati.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.