Sukses

Tol Batang-Semarang Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran Ini

Saat ini ruas Tol Batang hingga Grinsing menjadi yang paling siap dilalui pemudik saat Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga berencana mengoperasikan Tol Batang-Semarang pada momen mudik Lebaran tahun ini. Rute tol ini bahkan akan dibuka gratis bagi pemudik.

Ruas tol akan berfungsi secara fungsional dengan rute Batang hingga Grinsing sepanjang 40 kilometer (km).

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, saat ini ruas Tol Batang hingga Grinsing menjadi yang paling siap dilalui pemudik saat Lebaran.

Namun, dia mengaku masih mengupayakan agar rute yang dibuka bisa lebih panjang hingga ke Ngaliyan.

"Total panjang sampai saat ini 40 km, tapi Pak Menteri kan lapor sudah selesai sampai Ngaliyan. Ini dari Gringsing sampai Ngaliyan masih menunggu progress yang kenceng di dua bulan ini. Tapi dari Batang sampai ke Gringsing itu kita sudah yakin, itu 40 km," ujar dia di Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Menurut dia, untuk bisa membuka jalur tol sampai Ngaliyan, Jasa Marga masih mengejar penyelesaian pembebasan lahan dan pembangunan fisik tol. Targetnya ini bisa kelar dalam dua bulan ini, sehingga bisa dibuka pada momen mudik nanti.

"Batang sampai Gringsing pasti, Grinsing sampai Ngaliyan masih kejar-kejaran fisik sama tanahnya. Kita upayakan‎ terus," ucap dia.
 
Desi mengaku ruas tol yang akan dibuka pada momen Lebaran tahun ini tak akan dikenai tarif alias gratis.

Hal tersebut lantaran kondisi ruas yang sebenarnya belum siap beroperasi secara komersial, tapi sudah layak dipakai, sehingga bisa diuji coba masyarakat.‎

"Nggak dong (dikenai tarif). Itu belum selesai, tapi sudah bisa dipakai dalam kondisi belum menjadi standar jalan tol," kata dia.

Setelah selesai mudik, rencananya ruas tol tersebut akan kembali ditutup untuk melanjutkan pengerjaan fisik di ruas selanjutnya.

Desi berharap pada 2018 nanti Tol Batang-Semarang selesai bisa difungsikan secara komersial.‎ "(Setelah mudik ditutup lagi?) Iya. (Target selesai) 2018," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini