Sukses

6 Trik Berhemat Jelang Kelahiran Sang Buah Hati

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar pengeluaran menjelang kelahiran sang buah hati tetap terkontrol.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu momen paling ditunggu bagi pasangan suami istri adalah saat kelahiran anak. Menjelang momen bahagia ini, tentu banyak hal yang dilakukan termasuk diantaranya membeli keperluan agar sang anak dapat tumbuh dengan sehat dan tercukupi.

Tak jarang, banyak pasangan yang ingin membelikan yang terbaik untuk persiapan menyambut si kecil sehingga rela habis-habisan mengeluarkan seluruh uang demi menyambut sang buah hati. Alih-alih tercukupi, hal ini justru menguras keuangan dengan sangat banyak.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar pengeluaran menjelang kelahiran sang buah hati tetap terkontrol. Berikut ulasannya melansir laman Money.usnews.com, Rabu (2/3/2017):

1. Manfaatkan fasilitas tunjangan dari kantor

Bagi Anda yang bekerja, pihak perusahaan biasanya memberikan fasilitas berupa asuransi melahirkan atau tunjangan persalinan. Pelajari dan cari tahu apakah perusahaan Anda memiliki kebijakan semacam itu. Jika ya, hal ini dapat sangat membantu Anda untuk berhemat.

2. Membuat daftar belanjaan

Sejak bayi belum lahir, buatlah daftar perlengkapan bayi yang dibutuhkan. Buatlah daftar ini secara rinci, mulai dari kebutuhan pakaian, menyusui, perlengkapan mandi, furniture ruang bayi, dan lain-lain. Hal ini akan membuat Anda lebih bisa mengatur akan barang-barang apa saja yang dibutuhkan.

3. Membeli dalam jumlah atau kemasan besar

Membeli dalam jumlah besar tentunya lebih murah. Selain itu, manfaatkan pula kesempatan berhemat melalui diskon-diskon yang sering digelar di beberapa pusat perbelanjaan.

4. Jangan terbawa gengsi

Meski ada yang mengganggap bahwa memberikan yang terbaik untuk anak adalah sebuah naluri, tak jarang ada juga yang melakukannya atas dasar gengsi.

Mereka tidak ingin terlihat sebagai keluarga yang kekurangan, hingga emosi dan gengsi pun muncul dan membuat mereka mengeluarkan dana keperluan anak dalam jumlah besar.

Sebaiknya, hal ini tidak Anda lakukan. Kontrol emosi dan gengsi Anda tersebut. Jangan mudah tergoda dengan apa-apa yang menjadikan Anda melakukan pemborosan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlengkapan bayi

 

5. Menerima barang perlengkapan bayi dari kerabat atau keluarga

Sepanjang kondisi barangnya masih bagus, beberapa perlengkapan bayi yang ditawarkan kepada Anda, entah dari kerabat atau teman adalah sesuatu yang bisa kita terima. Tentu saja, dengan mendapatkan barang-barang untuk bayi yang masih bagus ini, Anda akan mampu lebih menghemat biaya keperluan untuk bayi.

6. Membeli pakaian bayi dengan ukuran lebih besar

Bayi yang baru lahir cepat sekali berkembang. Terkadang, pakaian yang dibelikan dengan ukuran pas hanya muat hingga beberapa bulan saja. Untuk mengakali hal ini, Anda bisa membeli pakaian bayi dengan ukuran satu kali lebih besar. Nantinya, perlengkapan bayi Anda pun bisa dipakai lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini