Sukses

Tips Cepat Kaya untuk Mahasiswa

Ada langkah-langkah tertentu dan pilihan-pilihan tertentu yang membuat penghasilan Anda tumbuh dan membangun kekayaan sebagai mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda punya pengalaman tidak punya uang banyak saat jadi mahasiswa? Hal itu lumrah terjadi. Karena tak banyak mahasiswa yang punya pekerjaan dan menghasilkan uang sendiri.

Tapi, sekarang bukan zamannya lagi. Banyak mahasiswa yang belajar sambil bekerja, menghasilkan uang yang cukup lumayan. Bahkan tak sedikit mereka yang jadi karya raya saat masih di bangku kuliah. Masih muda namun sudah jadi jutawan bahkan miliarder. Lalu bagaimana caranya?

Ada langkah-langkah tertentu dan pilihan-pilihan tertentu yang dapat membuat penghasilan Anda tumbuh dan membangun kekayaan meski jadi  mahasiswa.

Berikut beberapa tips yang dapat membuat Anda memperoleh kekayaan ala mahasiwa yang dikutip dari Ehow.com, Minggu (20/11/2016):

1. Mengambil Pekerjaan Kedua

Ambilah pekerjaan kedua alias pekerjaan sampingan. Lalu menabunglah dengan uang yang Anda hasilkan. Dengan menyimpan uang sebanyak yang Anda bisa, dapat menjadikannya sebagai modal investasi. Namun ingat, tidak mudah untuk memiliki dua pekerjaan sekaligus karena hal ini dapat mengurangi jumlah waktu dan energi Anda.

2. Membeli Sebuah Rumah

Mungkin kebanyakan mahasiswa lebih memilih untuk hidup di asrama atau menyewa tempat tinggal sementara selama mereka berada di perguruan tinggi. Padahal, hal itu sangat sia-sia.

Anda sebaiknya membeli rumah murah dengan beberapa kamar tidur sehingga Anda dapat menyewakannya kepada teman sekamar. Ketika Anda lulus, Anda tetap dapat memilih tetap tinggal di rumah tersebut, atau Anda dapat menyewakannya sebagai investasi properti, atau bahkan Anda dapat menjualnya kembali.

Memiliki Bisnis dengan Modal Rendah

3. Memiliki Bisnis dengan Modal Rendah

Memulai bisnis tidak harus dengan modal yang tinggi. Dengan modal rendah asal dijalani dengan serius tentunya akan membuahkan hasil yang cukup membantu dan akan menambah pengalaman Anda mengelola bisnis sendiri. Anda dapat mencoba berbisnis kecil, seperti menyewakan film, memotret pernikahan, bermain musik, dan menjalankan website dengan biaya terbatas namun berpotensi membuat banyak uang dari pendapatan iklan.

4. Bermain di Pasar Saham

Jika Anda memiliki tabungan dan memahami dasar pasar, tidak ada salahnya Anda mencoba investasi pasar saham sebagai salah satu cara untuk cepat kaya. Namun, hal ini mungkin yang paling berisiko karena investasi yang buruk bisa mengikis tabungan Anda.

5. Hidup Hemat

Hidup hemat merupakan cara termudah yang dapat Anda terapkan. Dengan mengumpulkan sedikit receh setiap harinya ke dalam rekening tabungan atau rekening pasar uang akan membantu Anda mendapatkan bunga.

6. Hindari Mengumpulkan Utang

Anda harus biasakan diri untuk hidup tanpa kartu kredit. Semakin sedikit utang Anda, semakin sedikit kendala pada prestasi keuangan Anda. (Fitriana Monica Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini