Sukses

Mal di Jakarta Beroperasi Normal Meski Ada Demo

Sebagai antisipasi, pengamanan di mal-mal yang berdekatan dengan lokasi demo akan diperketat.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memastikan mal dan pusat belanja di Ibu Kota tetap buka seperti biasa meski ada demonstrasi besar-besaran pada hari‎ ini. Sebagai antisipasi, pengamanan di mal-mal yang berdekatan dengan lokasi demo akan diperketat.

Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan mengatakan, tidak ada ketakutan dari para pengelola mal terkait dengan aksi demo ini. Hal ini juga akan coba disosialisasikan kepada masyarakat agar tidak takut untuk berkunjung ke mal pada hari ini.

"Malnya buka secara normal. Kalau soal ketakutan mungkin enggak. Semua mal juga memperkuat keamanan, tapi tetap normal saja," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Meski demikian, kata dia, adanya aksi demo ini akan berdampak pada jumlah kunjungan masyarakat ke mal. Stefanus memperkirakan, penurunan kunjungan ini akan terjadi pada mal dan pusat belanja yang lokasinya dilewati oleh para pendemo.

‎"Ada dampaknya, mal-mal yang lokasinya berdekatan dengan lokasi berlangsungnya demo pasti akan sepi, sebab jalannya kan susah. Kita yakin sebenarnya tidak ada apa-apa, cuma macetnya itu yang jadi pertimbangan masyarakat (untuk berkunjung ke mal)," kata dia.

Menurut Stefanus, berkurangnya jumlah kunjungan ke mal dan pusat belanja diperkirakan akan berlangsung dari pagi hingga sore hari. Namun selepas itu, diharapkan kegiatan di Ibu Kota kembali normal‎, sehingga masyarakat bisa berkunjung ke mal.

"Mal di lokasi demo mungkin menjelang salat Jumat sampai jam 6 sore. Tapi di tempat-tempat lain mungkin enggak apa-apa. Memang ada potensi kerugian, tapi di di daerah yang tidak dilalui pendemo mungkin justru akan naik (kunjungannya), orang akan ke sana. Kita sudah koordinasi dengan mal dan tenant untuk saling menjaga‎," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.