Sukses

5 Trik Hemat Saat Liburan Keluarga

Menikmati waktu liburan bersama keluarga merupakan hal yang sangat menyenangkan.

Liputan6.com, New York - Menikmati waktu liburan bersama keluarga merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika bisa bepergian ke suatu tempat entah sekedar rekreasi ke tempat terdekat atau liburan ke luar kota. Pastinya untuk itu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan perlu persiapan matang.

Agar niat liburan bersama keluarga tak terganggu dengan memikirkan dana yang akan dikeluarkan, dilansir dari laman frugalvillage.com, berikut tips hemat saat berlibur bersama keluarga.

1. Anggarkan biaya dengan detail

Saat berlibur biasanya banyak biaya tak terduga dikeluarkan, seperti untuk belanja, makan, dan lainnya. Karenanya sebelum uang yang ada habis ketika liburan belum usai, cara terbaik dengan membatasi pengeluaran seberapa banyak yang Anda mampu. Buat perencanaan serta anggarannya secara detail.

2. Pangkas anggaran rumah

Pikirkan juga untuk memangkas sementara biaya rumah yang jarang digunakan seperti langganan tv kabel, fitnes bulanan atau apa saja, sehingga dana tersebut bisa dialokasikan ke yang lainnya, seperti ditabung atau menambahkan untuk biaya liburan yang akan direncanakan bersama keluarga.

3. Hemat uang dengan makan di rumah

Seringkah Anda dan keluarga makan malam di luar? Coba hitung dalam seminggu berapa kali Anda dan keluarga makan di luar. Jika ingin menambahkan biaya untuk liburan keluarga, sebaiknya kurangi frekuensi makan dan jajan di luar.

Belanja dan masak saja makanan sendiri, selain lebih hemat dan sehat, uang tersebut bisa ditabung untuk dana tambahan liburan Anda bersama keluarga nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atur jadwal

4. Mengatur jadwal di depan

Jika merencanakan liburan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata, sebelum berangkat coba cek tempat tersebut di situs resmi atau situs-situs wisata. Beberapa tempat wisata biasanya menyediakan fasilitas dengan bayar di depan bahkan promo gratis.

Jadi Anda bisa memanfaatkan jauh-jauh hari dengan membayarnya terlebih dahulu, cara ini lebih hemat dan Anda juga sudah ada bayangan mengenai tempat-tempat yang akan dikunjungi nanti.

5. Jangan habiskan uang untuk hal tidak penting

Liburan bersama keluarga merupakan pengalaman yang menyenangkan. Manfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya, jangan sampai memikirkan hal-hal yang membuat pusing, seperti permintaan oleh-oleh atau suvenir dari orang lain.

Jika memang dana Anda terbatas, jangan paksa untuk membeli sesuatu yang tidak direncanakan sebelumnya.

Dengan mengikuti tips di atas, setidaknya Anda sudah punya gambaran bagaimana merencanakan keuangan dengan baik ketika akan berlibur bersama keluarga. Persiapkan diri dengan baik dan buat liburan bersama keluarga menjadi berkesan dan indah. (Dhita/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.