Sukses

Miliarder Ini Hibahkan Rp 792 Miliar Buat Program Wirausaha

Pada Mei 2015, salah satu pendiri Blackstone Group LP, Stephen Schwarzman, menyumbangkan US$ 150 juta untuk Yale University.

Liputan6.com, New York - Miliarder Dunia Sam Zell menjanjikan dana US$ 60 juta atau sekitar Rp 792 miliar (estimasi kurs: Rp 13.200 per US dolar AS) kepada University of Michigan untuk mengembangkan program wirausaha bagi para mahasiswa atau alumni universitas tersebut.

Beasiswa tersebut akan diberikan melalui Samuel Zell and Robert H Lurie Institute for Entrepreneurial Studies, lembaga milik Zell yang khusus mengembangkan minat bisnis kepada generasi muda. Lembaga ini didirikan oleh Zell bersama dengan Ann Lurie yang merupakan mantan rekan bisnisnya pada 1999.

Sebagian dari dana tersebut atau sekitar US$ 10 juta akan diberikan langsung kepada mahasiswa yang akan membuka sebuah bisnis.

"Tujuan kami memberikan dana tersebut untuk mempercepat proses belajar dan memperbesar kesempatan kepada mereka yang ingin membangun sebuah usaha," jelas Zell seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (14/7/2015).

Zell sendiri memang seorang alumni University of Michigan. Ia memperoleh gelar Sarjana Muda (Bachelor of Arts) pada 1963 dan Sarjana Hukum (Juris Doctor) pada 1966.

Zell merupakan miliarder terbaru yang menyumbangkan dananya ke pendidikan. Sebelumnya, atau pada bulan lalu, miliarder lain yang merupakan seorang pengelola keuangan John Paulson menyumbangkan dana sebesar US$ 400 juta untuk Harvard University.

Sedangkan pada Mei 2015, salah satu pendiri Blackstone Group LP, Stephen Schwarzman, menyumbangkan US$ 150 juta untuk almamaternya yaitu Yale University untuk mengembangkan pusat mahasiswa. (Gdn/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini