Sukses

Jokowi Ingin RI Punya Gudang Pangan 10 Kali Luas Monas

Presiden Jokowi menginginkan ada gudang pangan yang terletak dalam satu tempat yang mampu menampung segala jenis bahan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan mampu menciptakan swasembada sejumlah bahan pangan dalam masa kepemimpinannya selama lima tahun ke depan.

Karena itu, pemerintahannya konsentrasi membangun infrastruktur pendukung pertanian mulai dari waduk hingga saluran irigasi di beberapa daerah.
‎

Untuk mendukung program swasembada pangan tersebut, Jokowi menginginkan ada gudang pangan yang terletak dalam satu tempat yang mampu menampung segala jenis bahan pangan.

"Saya pernah melihat di Uni Emirates Arab, ada gudang pangan seluas 10 kalinya luas monas, di sana apapun ada, buah ada, beras, sayur ada, betul-betul semua ada," cerita Jokowi dalam acara Silaturahmi Dengan Dunia Usaha yang diselenggarakan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Dia mengungkapkan dalam gudang tersebut juga memiliki teknologi penyimpanan yang maju dan terkonsep. Tempat penyimpanan daging, sayuran dan beberapa pangan segar lainnya memiliki kemampuan pendingin ruangan layaknya lemari es.

Jokowi ingin di Indonesia memiliki gudang dengan konsep yang sama ke depan demi menjaga Indonesia. Dia juga yakin Indonesia dengan segala macam sumber daya alam yang ada mampu membuat gudang yang serupa.
ketahanan pangan‎

"Ini gunanya badan pangan nantinya, kuncinya menurut saya di manajemen gudang, distribusi yang baik, kita distribusikan ke 17 ribu pulau, tidak semudah kita pikirkan, semua harus didistribusi yang baik," kata Jokowi.

Dengan adanya badan pangan dengan didukung manajemen gudang yang baik, dirinya berharap angka inflasi dapat ditekan seminimal mungkin. Untuk saat ini angka inflasi di Indonesia masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini