Sukses

Pemerintah Siapkan e-Government untuk Akses Informasi Masyarakat

Program e-government diharapkan selesai sebelum masa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan mencanangkan e-government pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). E-government merupakan sistem informasi berbasis IT sehingga memudahkan masyarakat mengakses langkah kerja yang dilakukan pemerintah.

Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi menuturkan, program tersebut ditargetkan selesai sebelum masa pemerintah Jokowi selesai. "Ini butuh road map sedang dibuat Kemen PAN-RB dan Kementerian Kominfo. Sedang kami buat, targetnya sebelum periode pertama Jokowi, sebelum 2019 e-government mendekati 100 persen," ujar Yuddy, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Dia mencontohkan, jika masyarakat ingin mengetahui informasi data pembangunan di Jawa Timur dan Jawa Barat maka mereka bisa melihatnya melalui layanan satu pintu. "Jadi jangan sendiri-sendiri, bisa mendapat informasi secara utuh. Kalau sendiri sangat parsial karena butuh waktu lama," lanjut dia.

Saat ini, pemerintah telah memiliki layanan tersebut baik di tingkat kementerian, lembaga non kementerian sampai di tingkat provinsi. Bahkan, sampai di wilayah Banyuwangi pun sudah menggunakan e-government. "Pemerintah itu sudah punya tapi belum terintegrasi," tutur Yuddy.

Dia pun mengatakan perlunya persiapaan yang matang untuk menyatukan sistem ini baik software maupun pengamanannya. Juga, kesiapan SDM untuk menjalan e-government. "Yang biasa konvensional harus akrab dengan itu," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.