Sukses

Beluga Caviar, Telur Ikan Langka yang Harganya Setara Berlian

Liputan6.com, New York - Bumbu dapur merupakan salah satu elemen terpenting dalam memasak dan menyajikan menu pilihan super lezat. Jangan salah, meski terkenal murah, beberapa bumbu dapur ternyata sangat langka dan membuat harganya melejit.

Bahkan beberapa menu masakan yang menggunakan bumbu tersebut akhirnya dibanderol dengan harga sangat tinggi. Sebut saja caviar jenis Beluga.

Caviar yang biasa digunakan sebagai bumbu atau pelengkap makanan utama itu berasal dari ikan sturgeon yang terkenal. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan ikan sturgeon sudah ada sejak zaman dinosaurus.

Sejauh ini, calivar jenis beluga merupakan yang termahal di dunia. Terang saja, harganya mencapai US$ 10 ribu per Kilogram atau setara Rp 115,87 miliar/Kg (kurs: 11.587/US$).

Berikut ulasan mengenai caviar jenis beluga (beluga caviar) yang terkenal sangat mahal di dunia seperti dikutip dari Toouncommon.com, mentafloss.com, dan gourmet.com serta sejumlah sumber lainnya, Jumat (11/7/2014):

2 dari 4 halaman

Apa Itu Beluga Caviar

Caviar merupakan telur ikan sturgeon yang merupakan spesies langka. Terdapat tiga jenis caviar yang paling sering dikonsumsi yaitu beluga, sevruga dan osetra caviar.

Dibandingkan semuanya, beluga merupakan telur ikan sturgeon terbesar dari spesies Huso huso. Bayangkan saja, 15 persen dari berat utuhnya sebesar 400 pound merupakan terlus.

Beluga memiliki tekstur yang sangat halus seperti krim dan kaya rasa. Kelangkaannya membuat beluga caviar dihargai jauh lebih tinggi dibandingkan caviar lainnya.

3 dari 4 halaman

Dijual dengan Harga Selangit

Demi merasakan cita rasa beluga caviar, banyak pecinta kuliner yang harus rela merogoh uang dalam jumlah besar. Maklum, beluga caviar bukan bumbu penyedap atau pelengkap makanan biasa mengingat harganya mencapai Rp 115,87 miliar per kilogram.

Makanan utama apapun yang menggunakan beluga caviar sebagai salah satu bahannya tentu akan dibanderol dengan harga tinggi.

Karena harganya yang sangat tinggi juga, beluga caviar bahkan disebut sebagai komoditas mewah hingga disetarakan dengan berlian, mobil olahraga dan karya seni klasik.

Salah satu masakan termahal di dunia juga menggunakan beluga caviar sebagai bahan masakannya. Memasak menggunakan beluga caviar, sang koki memasang harga hingga US$ 3.200 dolar per piring untuk karinya.


4 dari 4 halaman

Sangat Langka

Ikan sturgeon merupakan salah satu spesies ikan paling tua yang telah hidup sejak zaman dinosaurus. Ikan-ikan sturgeon telah hidup selama ratusan tahun dan masih bertahan hingga saat ini.

Bertahan selama ribuan tahun di lautan, ikan sturgeon kini sangat mahal. Sedangkan beluga carviar berasal dari salah satu spesies langka tersebut.

Hanya 100 ikan yang bisa ditangkap setiap tahunnya. Sedangkan sturgeon membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menjadi dewasa.

Beluga caviar juga memiliki warna yang bermacam-macam mulai dari biru hingga hitam. Warna telur yang paling bercahaya merupakan yang paling mahal.

Untuk mendapatkan beluga caviar, para nelayan memancing ikan sturgeon dengan hati-hati menggunakan jaring. Lalu ikan-ikan tersebut dibawa ke laboratorium.

Tak langsung dibedah, ikan tersebut dianestesi tersebut dulu. Proses yang keliru akan mempengaruhi telur-telur ikan yang kemudian menjadi beluga caviar tersebut.(Sis/Nrm)

Loading