Sukses

Ekonomi Indonesia Pulih Tiga Tahun Lagi

Angka pengangguran pada Februari 2014 tercatat sebanyak 7,15 juta orang atau 5,70%, diharapkan ke depannya akan terus membaik.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia baru akan pulih dalam tiga tahun mendatang.

"Ini cuma jangka pendek, nanti akan rebound dalam dua sampai tiga tahun ke depan, yang pasti bukan tahun ini," jelas Menteri PPN, Armida Alisjahbana di kantornya, Jakarta, Selasa (6/5/2014).

Pemulihan tersebut diperkirakan akan ditopang oleh sektor ekspor mineral. Seperti diketahui perlambatan ekonomi di periode tiga bulan pertama tahun ini terjadi akibat penurunan di sektor pertambangan sebagai imbas dari kontraksi ekspor mineral mentah.

"Ekspor pertambangan anjlok tapi akan pulih satu sampai dua tahun ini. Yang penting indikator kesejahteraan atau tingkat pengangguran sebesar 5,70% cukup bagus," ucapnya.

Data Badan Pusat Statistisk (BPS) menunjukkan, angka pengangguran terbuka pada Februari 2014 tercatat sebanyak 7,15 juta orang atau 5,70%. Sedangkan Febuari 2013 sebanyak 7,20 juta penganggur terbuka atau 5,82%.

Saat ini, Kementerian PPN/Bappenas tengah mencermati angka kemiskinan yang diakibatkan kemunduran musim panen dan dampak pemilihan umum (pemilu). "Panen mundur dari kuartal II 2014, lalu ada pemilu. Tapi mudah-mudahan bisa di atas tingkat 5,2%," ucapnya. (fik/gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.