Sukses

Kabut Asap Meluas, Belasan Ribu Warga Jambi Terjangkit ISPA

Kabut asap sudah semakin luas menyebar di seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Liputan6.com, Jambi - Penyebaran kabut asap semakin meluas di Provinsi Jambi. Kesehatan warga pun terganggu. Belasan ribu warga sudah terserang infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (14/9/2015), 200 km dari Kota Jambi yaitu di Kota Bangko, Kabupaten Merangin, kabut asap semakin pekat pada Senin pagi. Jarak pandang kurang dari 300 meter.

Ibukota Kabupaten Merangin ini berselimut kabut tebal. Indeks standar pencemaran udara sudah mencapai 200. Artinya, sudah berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin mencatat, penderita infeksi saluran pernapasan sudah mencapai 15 ribu orang. Dan angkanya terus bertambah sejak awal September lalu.

Gangguan pernapasan ini umumnya terjadi pada anak-anak. Jika kebakaran lahan terus terjadi, Dinas Kesehatan khawatir lebih banyak anak-anak yang terganggu pernapasannya. (Nda/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.