Sukses

WhatsApp Rilis Fitur Baru untuk Permudah Blokir Panggilan Spam

WhatsApp dikabarkan tengah merilis fitur baru yang mempermudah pengguna memblokir panggilan spam.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapat panggilan spam di WhatsApp dari nomor tidak dikenal sangatlah mengesalkan. Apalagi saat kita sedang sibuk kerja atau tengah menunggu telepon penting.

Sayangnya untuk memblokir panggilan yang mengganggu di WhatsApp saat ini caranya masih cukup ribet.

Kamu harus mengambil ponsel, membuka kuncinya lalu membuka aplikasi WhatsApp, baru bisa memblokir nomor spam.

Cara tersebut masih cukup menyulitkan, namun kabarnya WhatsApp punya solusi mengatasi hal ini.

Pasalnya, sebagaimana dikutip dari Android Headlines, Senin (12/2/2024), laporan baru menyebutkan, aplikasi WhatsApp akan mengizinkan pengguna untuk memblokir nomor telepon spam langsung dari lock screen.

Kini, blokir nomor-nomor yang mengganggu bakal lebih mudah karena pengguna tak perlu harus membuka kunci ponsel mereka.

Informasi tentang fitur baru WhatsApp berdasarkan unggahan video oleh WhatsApp yang memperlihatkan bagaimana fitur tersebut bekerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Notifikasi Kalau ada Panggilan Spam

Dengan adanya fitur baru tersebut, ketika pengguna menerima panggilan dari nomor tak dikenal di WhatsApp, mereka akan melihat ada notifikasi muncul.

Untuk memblokir, pengguna hanya perlu memperluas notifikasi tersebut untuk memperlihatkan opsi tambahan yang berupa tombol Balas dan tombol Blokir.

Ketika pengguna mengetuk tombol blokir, mereka akan melihat pop-up lain muncul. Nah, pop-up ini akan memberikan opsi kepada pengguna untuk melaporkan kontak tersebut.

3 dari 4 halaman

Laporkan Nomor Spam ke WhatsApp

Namun, jika pengguna tak mau melaporkannya, mereka perlu men-cek kotak centang di pop-up tersebut.

Opsi ini pun akan mengirimkan lima pesan terakhir yang dikirim dari nomor tersebut ke WhatsApp, dengan begitu perusahaan bisa melihat apa yang pemilik nomor spam itu lakukan.

Sekadar informasi, fitur tersebut tengah digulirkan dan mungkin sudah ada di beberapa perangkat. Namun, jika belum, pengguna bisa memperbarui aplikasi WhatsApp mereka terlebih dahulu.

Perlu diingat, terkadang update memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk mencapai ke semua pengguna, tergantung wilayahnya. Jadi jika kamu belum melihat opsi untuk blokir panggilan spam dari lock screen, tunggu saja ya.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Bisa Chat ke Telegram dll?

Update aplikasi WhatsApp disebut-sebut akan mengintegrasikan interoperabilitas dengan aplikasi lain.

Mengutip Gizchina, Kamis (8/2/2024), pengumuman tersebut dikonfirmasi oleh direktur rekayasa WhatsApp Dick Brouwer.

Dikatakan, pengguna dapat segera membaca dan mengirim pesan kepada kontak di platform lain, misalnya iMessage, Telegram, Google Messages, dan lain-lain, tanpa perlu beralih aplikasi.

Kenyamanan ini tak hanya akan memudahkan tanpa perlu berganti aplikasi saat chat, tetapi juga mendorong komunikasi tanpa batasan.

Tantangan Menghubungkan WhatsApp dan Aplikasi Lain

Kendati demikian, upaya menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya memiliki tantangan besar.

Tantangan yang dimaksud terkait menyeimbangkan antara interoperabilitas dengan fitur WhatsApp, enkripsi end-to-end. Brouwer mengakui, kesulitan tersebut menggambarkan serupa seputar interoperabilitas iMessage Apple dengan RCS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.