Sukses

Penipu Menyamar Jadi Diri Kamu di Facebook? Ini yang Harus Dilakukan

Ketika penjahat siber atau penipu meyamar jadi diri kamu di Facebook, belum tentu diri kamu yang akan kena tipu, bisa jadi teman atau keluarga yang jadi target.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu mungkin pernah mendengar kasus di mana teman atau keluarga kamu mengumumkan bahwa ada penipu yang mencoba menyamar sebagai mereka di Facebook.

Tentu hal yang mudah untuk penipu melakukan hal itu, mengingat banyak orang membagikan kegiatan mereka sehari-hari secara online. Cukup menggunakan beberapa detail dan satu foto, si penipu bisa meniru seseorang di Facebook.

Ketika penjahat siber melakukan hal itu kepada kamu, belum tentu diri kamu yang akan kena tipu, bisa jadi teman atau keluarga yang jadi target.

Si penipu bisa mengaku sebagai diri kamu saat menghubungi teman atau keluarga. Biasanya mereka akan mengatakan ini adalah akun baru karena kamu lupa kata sandi, dan kemudian mereka akan mencoba meminta uang kepada orang lain.

Ya, kasus ini memang sering terjadi. Jadi, apa yang harus kamu lakukan untuk menjaga kontak kamu tetap aman?

Berita Tahu Teman atau Keluarga

Jika kamu mengetahui bahwa seseorang meniru identitas kamu di Facebook, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi tahu semua orang.

Cara termudah untuk melakukannya adalah mengunggah status di akun asli kamu. Beri tahu semua orang bahwa ini adalah satu-satunya akun Facebook kamu dan siapa pun yang mencoba menghubungi mereka atas nama kamu di akun lain adalah palsu.

Kamu pun perlu meminta mereka untuk mengumumkan masalah ini dan melaporkan si akun penipu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melaporkan Akun Penipu di Facebook

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah melaporkan akun yang meniru identitas kamu sehingga Facebook dapat mengambil tindakan.

- Kamu dapat melakukannya dengan membuka halaman profil mereka dan mencari menu tiga titik di sebelah kanan.

- Klik Temukan dukungan atau laporan.

- Kemudian pilih Berpura-pura menjadi seseorang.

- Pilih Saya dari daftar.

- Terakhir, tekan Kirim.

Kamu akan mendapatkan pemberitahuan untuk melihat hasilnya di Kotak Masuk Dukungan, segera setelah keputusan dibuat. Demikian sebagaimana dikutip dari The Sun, (13/10/2022).

 

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Melaporkan Akun Penipu Jika Kamu Tak Punya Akun Facebook?

Jika kamu tidak memiliki akun Facebook tetapi seseorang telah membuat akun atas nama kamu, kamu masih dapat melaporkannya untuk dihapus.

- Kunjungi halaman bantuan khusus Facebook.

- Centang Seseorang membuat akun dengan berpura-pura menjadi saya atau teman.

- Pilih Tidak.

- Kemudian pilih Ya, saya orang yang ditiru.

Perlu dicatat, kamu harus memberikan beberapa detail, termasuk tautan ke profil penipu, detail kontak sehingga moderator dapat menghubungi kamu dengan informasi dan salinan beberapa ID untuk membuktikannya.

4 dari 4 halaman

Infografis Facebook sarang hoaks covid-19 infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.