Sukses

Google Batasi Jumlah Lowongan Kerja Gara-Gara Krisis Ekonomi

Sundar Pichai, CEO Google, mengumumkan melalui memo internalnya bahwa perusahaan akan memangkas jumlah lowongan kerja yang dibuka perusahaan pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bos Google Sundar Pichai bilang ke karyawan bahwa perusahaan akan mengurangi jumlah lowongan yang dibuka pada tahun 2022.

Informasi ini berdasarkan memo internal yang dikirimkan oleh CEO Sundar Pichai dan sempat dilihat oleh The Verge.

Mengutip The Verge, Kamis (14/7/2022), Pichai berkata ke karyawan Google, bahwa perusahaan harus lebih berwirausaha dan bekerja dengan urgensi lebih besar, fokus lebih tajam, dan banyak rasa lapar yang ditunjukkan dibandingkan hari-hari lainnya.

Menurut Pichai, Google tidak menghentikan rekrutmen sepenuhnya. Google masih akan merekrut karyawan baru untuk jabatan yang teknis dan jabatan penting lainnya.

"Perusahaan akan menghentikan pengembangan dan menyebarkan kembali sumber daya ke area prioritas yang lebih tinggi," kata Pichai, dalam memo internal Google.

Dari memo internal tersebut diketahui bahwa alasan penurunan jumlah lowongan adalah karena situasi ekonomi dunia yang tidak begitu baik. Seperti diketahui saat ini ekonomi global sedang dalam kondisi yang tidak pasti.

"Seperti semua perusahaan, kami tidak kebal terhadap hambatan ekonomi. Sesuatu yang saya hargai tentang budaya kita adalah kita tidak pernah menganggap tantangan semacam ini sebagai hambatan," kata Sundar Pichai.

Sekadar informasi, Google bukanlah satu-satunya perusahaan teknologi yang mengurangi jumlah rekrutan karyawan baru tahun 2022 ini. Sebelumnya, Uber mengatakan perusahaan harus lebih ketat dengan biaya yang dikeluarkan.

Begitu juga dengan induk Facebook, Meta, yang mengirimkan memo ke karyawan, memberikan peringatan bahwa kini perusahaan sedang dalam masa sulit. Meta kemudian mengimplementasikan pembekuan rekrutan karyawan untuk sejumlah tim.

Spotify dan Snap --induk Snapchat-- juga berencana untuk membatasi jumlah karyawan yang direkrut tahun ini.

Perusahaan lain seperti Twitter, Netflix, dan GameStop juga belum lama ini memutuskan untuk melakukan PHK terhadap ratusan karyawan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Isi Memo Internal Sundar Pichai ke Karyawan Google

Berikut adalah memo internal dari Bos Google Sundar Pichai terhadap karyawannya:

Dear Googler --sebutan untuk karyawan Google--

Sulit dipercaya bahwa kita sudah melewati paruh pertama 2022. Ini adalah kesempatan yang tepat untuk berterima kasih kepada semua orang atas kerja bagusnya sejauh ini, tahun ini, dan untuk berbagi pendapat saya dan Pimpinan tentang H2.

Prospek ekonomi global yang tidak pasti telah menjadi perhatian utama. Seperti semua perusahaan, kami tidak kebal terhadap hambatan ekonomi. Sesuatu yang saya hargai tentang budaya kita adalah kita tidak pernah menganggap tantangan semacam ini sebagai hambatan. Sebaliknya, kami melihatnya sebagai peluang untuk memperdalam fokus kami dan berinvestasi untuk jangka panjang.

Pada saat-saat ini, saya beralih ke misi kita: untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal. Inilah yang mengilhami saya untuk bergabung dengan perusahaan, 18 tahun yang lalu, dan apa yang membuat saya sangat optimistis tentang dampak yang dapat kami berikan pada dunia.

Pengetahuan dan komputasi adalah cara kami mendorong misi perusahaan ke depan. Itulah lensa yang kita gunakan untuk memutuskan tempat berinvestasi -- baik di bidang seperti Search, Cloud, YouTube, Platform, dan Hardware. Tim yang mendukungnya atau dalam AI yang memungkinkan produk dan layanan lebih bermanfaat.

Google membantu orang dan masyarakat ketika perusahaan fokus melakukan yang terbaik. Investasi yang kami lakukan di paruh pertama tahun ini mencerminkan visi tersebut.

3 dari 4 halaman

Soal Pengurangan Jumlah Lowongan

Pada kuartal 2, kami menambahkan sekitar 10.000 Karyawan Google. Kami memiliki komitmen besar pada kuartal 3, di mana kami memiliki kalender perekrutan musiman di perguruan tinggi.

Ini adalah angka yang luar biasa, dan mereka menunjukkan kegembiraan kami tentang peluang jangka panjang, bahkan di saat yang tidak pasti.

Karena kemajuan perekrutan yang dicapai sejauh tahun ini, kami akan memperlambat laju perekrutan untuk sisa tahun ini, sambil tetap mendukung peluang terpenting kami.

Untuk keseimbangan tahun 2022 dan 2023, kami akan memfokuskan perekrutan kami pada peran teknik, teknis, dan peran penting lainnya. Kami juga akan memastikan talenta hebat yang kami rekrut selaras dengan prioritas jangka panjang kami.

Ke depan, kami harus lebih berwirausaha, bekerja dengan urgensi yang lebih besar, fokus yang lebih tajam, dan lebih banyak rasa lapar daripada yang telah kita tunjukkan pada hari-hari yang lebih cerah.

4 dari 4 halaman

Fokus Pada Hal yang Jadi Prioritas

Dalam beberapa kasus, itu berarti mengkonsolidasikan di mana investasi tumpang tindih dan merampingkan proses. Dalam kasus lain, itu berarti menghentikan pengembangan dan menyebarkan kembali sumber daya ke area prioritas yang lebih tinggi.

Membuat perusahaan lebih efisien terserah kita semua — kami akan menciptakan lebih banyak cara bagi Anda semua untuk terlibat dan berbagi ide untuk membantu, jadi pantau terus.

Kelangkaan melahirkan kejelasan — ini adalah sesuatu yang telah kami katakan sejak hari-hari awal Google. Inilah yang mendorong fokus dan kreativitas yang pada akhirnya mengarah pada produk yang lebih baik untuk membantu orang di seluruh dunia. Itulah kesempatan yang ada di depan kita hari ini, dan saya senang kita bisa bangkit lagi.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.