Sukses

Persiapkan Dompet, Steam Summer Sale 2022 Sudah Dimulai

Deretan judul game menarik pun sudah menunggu untuk dibeli dengan harga terjangkau sepanjang Steam Summer Sale 2022 berlangsung?

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran diskon game besar-besaran di platform toko digital Valve, Steam Summer Sale 2022, sudah dimulai.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang diskon di Steam ini digelar selama dua minggu lamanya mulai dari 23 Juni hingga 7 Juli 2022 mendatang.

Steam Summer Sale sendiri menjadi momen paling ditunggu oleh gamer PC Windows, karena pada saat ini seluruh game di platform digital itu pangkas harga habis-habisan.

Potongan harga yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari 10 persen hingga 90 persen, tentunya deretan judul game yang di diskon pun sangat beragam--mulai dari yang baru hingga klasik.

Lalu bagaimana dengan tahun ini? Deretan judul game menarik pun sudah menunggu untuk dibeli dengan harga terjangkau, beberapa diantaranya:

1. Sekiro: Shadow Die Twice - GOTY Edition: 50 persen

2. Tiny Tina's Wonderlands: 20 persen

3. Cyberpunk 2077: 50 persen

4. It Takes Two: 60 persen

5. God of War: 20 persen

6. Monster Hunter Rise: 49 persen

7. Red Dead Redemption 2: 50 persen

8. Dying Light 2 Stay Human: 33 persen

9. Tales of Arise: 50 persen

10. Ghostwire: Tokyo: 50 persen

Di atas hanyalah sejumlah kecil judul game AAA yang di diskon selama Steam Summer Sale 2022 berjalan.

Selain ke-10 judul game tersebut, masih ada lagi title game yang turun harga. Mungkin saja, beberapa game di Steam sudah masuk ke dalam daftar wishlist kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Steam Catatkan 132 Juta Pengguna Aktif Bulanan pada 2021

27 Juta Gamer Login ke Steam di Waktu Bersamaan. (Doc: Steam)

Platform distribusi dan pembelian game, Steam, meluncurkan laporan terbaru mereka untuk tahun 2021. Di situ, perusahaan milik Valve itu mengungkapkan adanya pertumbuhan pemain di tahun itu.

Mengutip laman resminya, total jumlah jam yang dihabiskan gamer di Steam meningkat nyaris 38 miliar jam di tahun 2021. Angka ini 21 persen dari tahun 2020.

Dikutip dari The Gamer, Selasa (15/3/2022), Steam melaporkan di 2021, ada 132 juta pengguna aktif bulanan dan 69 juta pengguna harian.

Secara rata-rata, menurut catatan Steam, ini berarti ada 2,6 juta pembeli pertama di platform itu setiap bulannya, selama 2021, atau 31,2 juta pembelian dalam setahun.

Menurut Steam, angka itu "kira-kira sama dengan tingkat pertumbuhan pembeli baru yang kita lihat pada tahun 2020 saat pandemi global berlangsung."

Patut dicatat, Valve menyebut mereka sebagai "pembeli pertama kali" mengingat beberapa pengguna Steam memiliki lebih dari satu akun.

 

3 dari 4 halaman

Rekor di Steam

Politisi ini terpaksa dipersidangkan setelah beli gim di Steam. (Google)

Di tahun 2021 juga, Steam memecahkan rekor pengguna secara bersamaan dengan 27,4 juta pemain, meski rekor itu telah lama dipecahkan beberapa kali.

"Keberhasilan Steam berkelanjutan pada akhirnya didorong oleh dua faktor: game yang tersedia untuk pemain, dan kualitas pengalaman dimiliki pemain dengan game-game itu," tulis Valve.

Perusahaan juga mengatakan, lebih dari sepertiga rilis teratas mereka di 2021, berasal dari developer yang mengirimkan untuk Steam pertama kalinya, dengan pengembang mulai dari Kosta Rika hingga Estonia.

Developer asal Tiongkok juga tercatat meningkat 300 persen dalam pertumbuhan penjualan ke pasar non-Tiongkok di Steam.

 

4 dari 4 halaman

Pencapaian Elden Ring di Steam

Elden Ring puncaki daftar paling banyak di wishlist di Steam. (Doc: From Software)

Salah satu game populer di Steam dalam beberapa pekan terakhir adalah Elden Ring.

FromSoftware dan Bandai Namco tampaknya mengawali peluncuran game terbarunya, Elden Ring dengan baik. Khususnya di platform toko digital milik Valve, yaitu Steam.

Game bergenre action adventure RPG dengan konsep open world ini telah mengantongi 734.000 pemain bersamaan di hari pertama Elden Ring meluncur di Steam.

Mengutip Gamesradar, Jumat (25/2/2022), Elden Ring telah memecahkan rekor jumlah pemain Steam bersamaan untuk dua game lainnya, seperti Dark Souls 3 dan Sekiro.

Berdasarkan database SteamDB, Dark Souls 3 mengantongi 130 ribu pemain tiga tahun lalu. Sementara itu, Sekiro mengantongi 125 ribu pemain saat peluncuran perdananya.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.