Sukses

Survei: Upgrade Smartphone Jadi Tren Jelang Lebaran 2022

Liputan6.com, Jakarta - Berganti smartphone menjadi tren yang dilakukan konsumen jelang Lebaran 2022. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Xiaomi selama 14-17 April 2022 kepada 543 responden usia 20-35, Ramadan dianggap sebagai waktu yang tepat untuk upgrade smartphone.

Apalagi, kini smartphone menjadi kebutuhan wajib masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Mulai dari komunikasi, menikmati hiburan, hingga produktivitas.

Seiring perkembangan, teknologi dan fitur yang dihadirkan makin meningkat. Inilah alasan masyarakat meng-upgrade smartphone ke seri yang lebih baru.

Hasil survei, 43,1 persen responden memilih Ramadan sebagai saat yang tepat untuk ganti smartphone.

Alasannya, 5,1 persen menganggap smartphone yang dimiliki sudah harus diganti dan 35,4 persen mengatakan ingin menikmati inovasi terbaru di smartphone seri baru.

Survei juga mengungkap berbagai faktor yang dianggap harus dimiliki smartphone modern masa kini. Mulai dari prosesor mumpuni untuk mendukung kinerja berat, kamera berkualitas, baterai besar, dan layar yang nyaman untuk dipakai termasuk di luar ruangan.

Hal lain yang juga jadi pertimbangan orang berganti smartphone adalah adanya fitur NFC. Fitur ini dinilai tidak boleh absen dari smartphone model baru karena meningkatnya pembayaran nontunai.

Kamera Bagus untuk Foto Keluarga saat Lebaran

Seiring meningkatnya teknologi, smartphone model baru dilengkapi dengan kamera dan teknologi AI yang lebih mumpuni.

Hasil survei mengungkap, 51,9 persen responden ingin bisa mengabadikan foto bersama saat hari raya Idul Fitri dengan menggunakan smartphone baru.

Hasil ini cukup dominan dibanding 13 persen responden yang ingin menggunakan smartphone baru mereka untuk video call dengan teman dan keluarga. Selain itu juga 11,9 persen responden yang ingin menikmati bermain gim dengan ponsel baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Masyarakat Ingin Smartphone Berkamera Baik

Hal ini memperlihatkan, masyarakat ingin smartphone yang menghasilkan kualitas foto terbaik di segala kondisi.

Untuk itulah, smartphone perlu memiliki jenis kamera berbeda. Mulai dari kamera utama, ultra-wide, makro, dan kamera selfie.

Xiaomi menilai, saat ini kamera 108MP adalah kamera smartphone terbesar dan paling dicari, kamera kemmapuannya menghasilkan gambar dengan ketajaman yang baik.

Teknologi AI (artificial intelligence) menjadi nilai plus bagi sebuah smartphone, kamera dengan AI, smartphone mampu bekerja lebih baik dalam menganalisa kondisi cahaya dan pemrosesan sebuah foto.

Konsumen Ingin Manfaatkan THR

Pada saat responden ditanya tentang apa pertimbangan hingga akhirnya membeli smartphone saat bulan Ramadhan atau jelang Hari Raya Idulfitri, 45,1 persen menjawab bahwa momen Ramadan ini merupakan kesempatan bagi mereka mendapatkan penawaran terbaik untuk smartphone pilihan mereka.

Sementara, 20,1 persen menyatakan, momen Ramadan jadi waktu terbaik untuk beli ponsel karena baru mendapatkan THR.

3 dari 4 halaman

Smartphone di Bawah Rp 4 Juta Jadi Pilihan Favorit

Mayoritas responden, yakni 74,9 persen responden memilih smartphone di rentang Rp 2-4 juta sebagai perangkat yang ingin dibelinya.

Bagi Xiaomi, hal ini tidak mengherankan pasalnya segmen entry-mid range merupakan segmen terbesar yang menjadi favorit masyarakat.

Sementara soal faktor penting yang harus ada di dalam smartphone pilihan, 77,5 persen ingin smartphone compact yang memiliki desain menarik dan elegan, serta 48,4 persen ingin membeli perangkat kamera yang mumpuni.

Menanggapi Survei Ramadan 2022, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse menyampaikan, teknologi smartphone telah berkembang sedemikian pesat dan bukan hanya sekedar perangkat komunikasi saja, namun juga bisa menjadi jawaban bagi mereka yang ingin mengabadikan momen kebersamaan di hari raya.

“Redmi Note 11 Series merupakan smartphone jawara yang hadir dengan segala keunggulan di setiap aspek mulai dari layar, desain, performa, baterai, kamera, dan fitur pelengkap lainnya," katanya.

Alvin lebih lanjut menyatakan, seri Redmi Note adalah pilihan pintar dalam mendapatkan smartphone yang bisa mendampingi segala aktivitas pengguna sehari-hari.

4 dari 4 halaman

Xiaomi Tawarkan Harga Khusus

Sebelumnya, Xiaomi menawarkan harga khusus untuk berbagai produk smartphone dan AIoT-nya selama periode Ramadhan, tanggal 18-25 April 2022.

Harga khusus ini ditawarkan melalui kampanye #LebihBaikDenganXiaomi yang tersedia di platform online store Xiaomi maupun official store Xiaomi Indonesia di e-commerce.

Sejumlah produk yang ditawarkan Xiaomi pada program ini mulai dari TWS Redmi Buds 3 Pro yang dijual Rp 649 ribu dan Redmi Buds 3 yang dijual Rp 399 ribu.

Keduanya bisa dipakai oleh pengguna untuk mendengarkan ceramah atau murotal Alquran selama Ramadan, termasuk ketika sedang di transportasi umum.

Xiaomi juga menyediakan penawaran khusus untuk laptop RedmiBook 15 yang dijual mulai Rp 6,999 juta untuk mendukung aktivitas bekerja atau silaturahmi daring saat Idulfitri.

Bagi mereka yang gemar olahraga ringan sembari menunggu waktu berbuka, Xiaomi menyediakan jam pintar Redmi Watch 2 Lite yang dijual Rp 799 ribu.

Untuk mereka yang gemar menonton streaming di layar besar, Xiaomi menghadirkan promo harga untuk Mi TV 4 55 inci yang dibanderol Rp 5,699 juta. Ada pula Mi TV 4 55 inci Bezel-less 4K yang dijual Rp 7,899 juta, serta Mi TV Stick yang dibanderol Rp 499 ribu.

(Tin/Isk)