Sukses

Game Android Bakal Bisa Dimainkan di Windows Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan rencananya untuk menghadirkan game Android ke perangkat Windows tahun depan.

Dengan kata lain, game-game Android bisa dimainkan di laptop, PC, maupun tablet yang menjalankan sistem operasi besutan Microsoft tersebut.

Untuk melakukan hal tersebut, seperti dikutip dari Gizmodo, Sabtu (11/12/2021), Google mengumumkan launcher khusus Google Play Games untuk Windows.

Selain dapat memainkan game Android, launcher tersebut memungkinkan pemain untuk berganti platform secara lebih mulus saat sedang memainkan sebuah game.

Jadi, pemain nantinya dapat berganti-ganti perangkat saat memainkan sebuah game, mulai dari Chromebook, PC Windows, dan smartphone Android tanpa perlu kehilangan datanya.

Menurut raksasa internet tersebut, launcher ini dikembangkan dan didistribusikan langsung oleh perusahaan. Untuk itu, Google memastikan kehadiran launcher ini bukan merupakan bagian dari kerja sama Microsoft.

Perusahaan juga menyebut game yang dimainkan berjalan secara lokal dalam sistem, bukan sekadar streaming dari cloud.

Kendati demikian, perusahaan belum mengungkap secara detail seperti apa cara kerja launcher ini, berikut informasi lebih detailnya.

Mengingat launcher ini akan meluncur 2022, ada kemungkinan informasi lebih lanjut akan diungkap pada tahun depan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Google Berikan Hibah Rp 28,8 Miliar untuk Latih 10 Ribu Orang Indonesia

Di sisi lain, Google bermitra dengan INCO untuk dukungan hibah senilai US$ 2 juta atau sekitar 28,8 miliar, dalam rangka membantu pemulihan ekonomi di Indonesia.

Hibah ini akan diberikan lengan filantropi perusahaan Google.org, yang membantu INCO melatih 10 ribu orang Indonesia melalui program Google IT Support Certificate di platform pembelajaran online Coursera.

"Google IT Support Certificate adalah sertifikat karier level profesional yang paling dicari di Coursera," kata Randy Jusuf, Managing Director, Google Indonesia, Kamis (2/12/2021).

Randy mengatakan, program tersebut memberikan kemampuan siap kerja dan landasan yang bagus untuk memulai karir baru.

"Dukungan Google pada INCO akan membantu memberdayakan generasi muda agar dapat memanfaatkan banyaknya peluang kerja di perekonomian digital yang sedang tumbuh pesat ini," kata Randy. 

3 dari 3 halaman

Mempermudah Anak Muda

INCO sendiri bermitra dengan Yayasan Plan International Indonesia, untuk menyediakan beasiswa IT Certificate melalui program bernama INCO Academy - Work in Tech.

INCO juga akan membantu para peserta program yang kurang beruntung, untuk menyelesaikan kursus daring mereka dengan sukses.

Google.org juga membantu memfasilitasi upaya sukarela dari karyawan Google, dan menyediakan donasi non-finansial untuk membantu para peserta program saat menjalani kursus online.

Randy mengatakan, IT Support Certificate bisa membantu mendapatkan kemampuan yang diperlukan untuk memulai karir sebagai system analyst, database administrator, network engineer, IT specialist, atau teknisi help desk.

"Kami harap akses ke kredensial karier ini dapat mempermudah anak muda dalam mengatasi tantangan yang dihadapi seiring perekonomian kita beranjak keluar dari pandemi," imbuh Randy.

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS