Sukses

Reddit Bakal Tutup Dubsmash pada Februari 2022

Reddit bakal menggunakan alat kreasi video Dubsmash untuk digunakan oleh platform utamanya

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna media sosial harus mulai mengucapkan perpisahan dengan aplikasi berbagi video pendek Dubsmash, yang sempat booming sekitar lima tahun lalu.

Pasalnya, usai mengakuisisi Dubsmash akhir tahun lalu, Reddit memutuskan bakal menutup layanan sebelum akhirnya digulingkan oleh TikTok.

Mengutip The Verge, akuisisi ini sendiri dilakukan Reddit dengan tujuan menyematkan alat kreasi video milik Dubsmash ke platform yang lebih besar.

"Sejalan dengan penyelesaian integrasi ini, 22 Februari 2022 akan menjadi hari terakhir Dubsmash sebagai sebuah platform," tulis Reddit dalam blognya, dikutip Jumat (26/11/2021). 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Konten Video Usai Akuisisi

Mereka mengumumkan, setelah Februari 2022, Dubsmash tidak akan lagi tersedia untuk diunduh di App Store atau Google Play Store. Aplikasi yang sudah diunduh juga akan dihentikan layanannya di tanggal tersebut.

Dalam wawancara dengan The Verge, Suchit Dash, Vice President of Video di Reddit mengatakan, terkait akuisisi, mereka membawa keahlian tim dan teknologi Dubsmash yang sudah dibangun selama lima tahun.

Usai akuisisi tersebut, Reddit juga mengungkapkan terdapat peningkatan jumlah konten video di platformnya pada Januari hingga November 2021.

Reddit mengungkapkan, terdapat pertumbuhan hampir 70 persen pada rata-rata jam tayang, dan peningkatan lebih dari 30 persen pada penonton video aktif harian.

3 dari 4 halaman

Integrasikan Alat Kreasi Video ke Reddit

"Sejak bergabung, tim Dubsmash telah bekerja untuk mengintegrasikan alat kreasi video inovatif mereka ke dalam Reddit," tulis Reddit dalam pengumumannya.

"Tim Dubsmash telah mempercepat video Reddit, sehingga bagian dari Reddit akan terasa familiar bagi Dubsmashers," tambah mereka.

Seiring dengan pengumuman penutupan Dubsmash, Reddit juga mengumumkan beberapa pembaruan untuk fitur video dan kamera mereka.

Mereka menambahkan fitur untuk mengubah kecepatan video, mengatur timer, menyesuaikan dan memangkas banyak klip, serta mengunggah video ke platform dalam format landscape, portrait, dan mode penuh.

Selain itu Reddit juga merancang lensa eksklusif, serta menerapkan layar penyuntingan berfitur lengkap untuk mempermudah seseorang mengedit video lewat aplikasi.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tiongkok Blokir Aplikasi Populer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.