Sukses

Fanpage Elon Musk Palsu Menghilang di Facebook

Fanpage Elon Musk palsu menghilang di Facebook. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Halaman penggemar (fanpage) palsu yang menyamar sebagai Elon Musk menghilang di Facebook. Tak diketahui secara pasti penyebabnya, kemungkinan karena fanpage ini melanggar aturan komunitas.

"Konten ini sudah tak tersedia saat ini. Ketika ini terjadi, biasanya karena pemiliknya hanya membagikannya ke sekelompok kecil orang, mengubah siapa yang dapat melihatnya atau telah dihapus," demikian penjelasan yang tampil di fanpage itu (https://www.facebook.com/ElonMuskoffici).

Fanpage Elon Musk Palsu Menghilang di Facebook. Dok: facebook.com

Pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (2/11/2021), fanpage tersebut secara terbuka menyatakan bahwa itu adalah halaman penggemar Elon Musk di bagian keterangan 'About'.

"Musk memiliki mobil Tesla Roadster 0001 (yang pertama dari jalur produksi) dari Tesla Motors, sebuah perusahaan di mana dia adalah investor awal. Roadster adalah mobil sport listrik baterai dengan jangkauan 220 mil. Ini adalah fanpage, mengunggah tweet dan lainnya dari dia (Elon Musk)," tulis fanpage tersebut.

Menurut The Verge, saat kali pertama dibuat, fanpage itu tidak lahir sebagai halaman penggemar untuk Elon Musk. Tab Transparansi Halaman menunjukkan beberapa riwayat halaman, siapa yang mengelolanya, apakah halaman itu menjalankan iklan, dan lain sebagainya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganti Nama Sebanyak 6 Kali

Halaman tersebut dibuat pada 28 Juli 2019 untuk mewakili Kizito Gavin, yang merupakan nama kebalikan dari pemain sepak bola Gavin Kizito.

Fanpage ini bahkan mengubah namanya hingga enam kali, sepanjang tahun 2021, terakhir dua kali berubah menjadi Elon Musk pada 17 Oktober 2021.

Bagian Transparansi Halaman juga mengatakan bahwa orang yang mengelola halaman tersebut berbasis di Mesir, sementara Musk tinggal di Texas, Amerika Serikat. 

3 dari 4 halaman

Kapan Fanpage Ini Mulai Diverifikasi Facebook?

Tidak jelas kapan halaman itu diverifikasi. Aturan verifikasi Facebook menyatakan bahwa perusahaan telah "mengonfirmasi bahwa Halaman atau profil adalah otentik dari figur publik atau merek yang diwakilinya."

Untuk mendapat centang biru (verifikasi) dari Facebook, biasanya pengguna harus mengisi formulir yang antara lain mengirim identitas resmi dalam bentuk SIM, paspor, KTP, pelaporan pajak, tagihan utilitas terbaru, atau pasal-pasal penggabungan.

Hingga berita ini naik, Meta, perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook, belum mengonfirmasi masalah ini.

Verifikasi merupakan tantangan bagi platform media sosial besar. Twitter bahkan kerap dihadapi masalah tersebut, di mana perusahaan sempat menghentikan program verifikasinya pada 2017 dan meluncurkannya kembali pada awal tahun ini.

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Orang Terkaya di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.