Sukses

XL Axiata Perluas Jaringan 4G Hingga Pelosok Desa di Sumatera

XL Axiata memperluas jaringan 4G-nya hingga pelosok desa di Sumatera. Perluasan jaringan selain dengan menambah BTS juga dengan melakukan fiberisasi.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata terus membangun jaringan 4G hingga area pelosok di Sumatera, termasuk Provinsi Riau. Terbaru yang jadi perhatian XL Axiata adalah Kabupaten Rokan Hulu.

Menurut perusahaan, sebanyak 114 desa di 12 kecamatan sudah dijangkau layanan 4G XL Axiata. Guna memperluas jangkauan layanan, XL Axiata juga membangun jaringan untuk meningkatkan kualitas layanan di area yang sebelumnya mengalami kenaikan trafik.

Mengutip keterangan resmi XL Axiata, Selasa (14/9/2021), Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, saat ini sekitar 82 persen dari total desa Kabupaten Rokan Hulu sudah terlayani jaringan XL Axiata.

"Jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat perluasan jaringan 4G masih akan terus kami laksanakan, seiring tingginya permintaan layanan XL Axiata oleh masyarakat Rokan Hulu," kata Desy.

Menurutnya, dalam dua tahun terakhir, trafik layanan data oleh pelanggan XL Axiata melonjak 338 persen di wilayah tersebut.

Sekadar informasi, layanan XL Axiata di Rokan Hulu ditopang oleh 170 BTS, dengan 65 unit BTS berteknologi 4G. Desy mengatakan, dalam dua tahun terakhir, jumlah BTS bertambah sebanyak 20 unit, termasuk 20 BTS 4G.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fiberisasi Topang Jaringan 4G XL Axiata

Jika dilihat dari perluasan wilayah, dalam dua tahun terakhir ada penambahan wilayah baru yang terdiri dari 5 desa dan 1 kecamatan.

Sementara di area perkotaan seperti ibu kota Kabupaten Pasir Pengaraian, penambahan BTS ditujukan untuk menjaga kualitas jaringan mengingat trafik yang terus meningkat.

XL Axiata, menurut Desy, menjadi solusi komunikasi di seluruh area Kabupaten Rokan Hulu, termasuk di area perkebunan sawit dan karet yg sudah terhubung oleh jaringan XL.

Tidak hanya BTS, XL Axiata juga terus menggenjot fiberisasi jaringan 4G di Provinsi Riau, termasuk di Rokan Hulu. Fiberisasi dilakukan dari BTS yang sudah ada.

Perlu diketahui, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber, termasuk melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS.

3 dari 4 halaman

Manfaat Internet Saat Pandemi

Dengan fiberisasi, kualitas jaringan data bisa ditingkatkan sehingga kualitas layanan yang bisa dirasakan pelanggan juga meningkat.

“Jadi saat ini kualitas jaringan 4G XL Axiata di Pasir Pangaraian sudah bagus. Masyarakat setempat dan Kabupaten Rokan Hulu secara umum tak perlu ragu untuk memanfaatkan layanan XL Axiata," tutur Desy.

Dengan meningkatnya kualitas jaringan, pelanggan setempat bisa mendapat manfaat terutama di kondisi pandemi.

Selain Kabupaten Rokan Hulu dan Pasir Pangairan, XL Axiata juga memperluas jaringan dengan penambahan BTS di Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Kuantan Sengingi. Dengan begitu, makin banyak masyarakat yang bisa menikmati layanan XL Axiata.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Mengenai 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.