Sukses

THR Cair, Ini Rekomendasi Smartphone Anyar Oppo untuk Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri akan tiba dalam hitungan hari. Menyambut hari Lebaran ini sekaligus dengan cairnya THR, tidak jarang orang membeli smartphone baru atau memberikannya sebagai hadiah bagi kerabat maupun keluarga tercinta.

Dengan banyaknya smartphone yang ada di pasaran ini, jelas ada beberapa pertimbangan yang dilakukan sebelum membelinya. Beberapa di antaranya adalah harga yang ramah kantong dan memiliki fitur terkini.

Nah, salah satu smartphone yang dapat memenuhi kedua pertimbangan tersebut adalah produk terbaru dari Oppo seri A, yakni Oppo A54 dan Oppo A74 yang hadir dalam dua pilihan 4G atau 5G.

Oppo A54 hadir dengan dua pilihan memori, yakni RAM 4GB/ROM 64GB dan RAM 6GB/ROM 128GB. Hadir dengan layar punch-hole, smartphone ini juga sudah mendapat sertifikasi IPX4.

Sementara Oppo A74 dibekali dengan Snapdragon 662 yang dikombinasikan dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Smartphone ini memiliki baterai 5.000mAh dengan didukung fitur fast charging 33W.

Lalu Oppo A74 5G menjadi perangkat pertama dari lini A yang mendukung jaringan 5G. Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 480 5G sebagai dapur pacunya.

Oppo membenamkan baterai 5.000mAh yang dibekali dengan fitur fast charging 18W. Lantas, berapa harga untuk masing-masing smartphone anyar Oppo ini?

Oppo A54 dibanderol dengan harga Rp 2,7 juta, sedangkan Oppo A74 4G dijual Rp 3,5 juta dan Oppo A74 5G Rp 3,7 juta. Selama masa Ramadhan ini, Oppo juga menawarkan sejumlah promo bagi para konsumennya.

2 dari 3 halaman

Oppo Rilis A74 5G, Smartphone 5G Termurah di Indonesia

Untuk diketahui, Oppo Indonesia merilis smartphone 5G paling terjangkau di Tanah Air, yakni Oppo A74 5G. Perangkat ini adalah bukti kesiapan Oppo Indonesia menghadirkan perangkat 5G untuk mendukung ekosistem 5G.

Perangkat A74 5G dibanderol seharga Rp 3.699.000 dan akan mulai dijual online hanya di Shopee pada 23 April 2021.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan, Oppo A74 5G menjadi perangkat lini seri A pertama yang dilengkapi jaringan 5G.

"Perangkat ini juga smartphone pertama yang mengusung prosesor Snapdragon 480 5G di Indonesia," kata Aryo dalam 5G Academy, Rabu (21/4/2021).

"Melalui peluncuran smartphone ini, kami menegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung ekosistem 5G di Indonesia sekaligus mempertegas Oppo sebagai pionir teknologi 5G di Tanah Air."

Seperti disebutkan, Oppo A74 5G didukung dengan prosesor Snapdragon 480 5G yang diklaim menghadirkan peningkatan 100 persen dibanding prosesor generasi sebelumnya.

Perangkat ini didukung arsitektur 2x2.0GHz ARM Cortex-A76 CPU dan 6x1.8GHz ARM Cortex-A55.

Untuk sektor grafis, A74 5G dilengkapi GPU Adreno 619. Keberadaan prosesor ini membuat Oppo A74 5G dapat mengunduh film atau file hanya dalam hitungan detik.

Dengan dukungan mode ganda 5G, Oppo A75 5G mendukung jaringan stand-alone (SA) dan non-standalone (NSA) sehingga memudahkan pengguna untuk tetap memakai smartphone setelah operator beralih ke jaringan SA tanpa perlu ganti perangkat. 

3 dari 3 halaman

RAM, Memori, Kamera

Oppo A74 5G didukung kapasitas penyimpanan RAM LPDDR4X 6GB dan memori internal 128GB.

Perangkat ini juga didukung teknologi Dirac 2.0 yang memungkinkan perangkat memberikan kualitas suara seperti efek suara Dolby.

Untuk merekam momen, Oppo A74 5G didukung empat kamera belakang. Kamera utamanya adalah 48MP, kamera wide angle 8MP, kamera mono 2MP, dan kamera makro 2MP. Urusan selfie diserahkan ke kamera depan 16MP.

Meski memiliki kamera 48MP, perangkat ini mampu memberi kemampuan resolusi gambar sangat tinggi dengan hasil foto setara 108MP Ultra-clear image.

Pada kamera dilengkapi fitur AI Scene Enhancement yang mencerahkan warna dan meningkatkan bidikan. Untuk selfie didukung fitur AI Beautification yang mengidentifikasi wajah kemudian mempercantiknya.

Ada pula dukungan Ultra Night Mode untuk mengakomodasi pengambilan foto malam hari dan Stylishing Filter untuk meningkatkan warna atau mencerahkan kulit.

Oppo A74 5G didukung sistem operasi ColorOS 11.1 yang memiliki fitur keamanan Assistant Privacy. Ada pula fitur Idle Time Optimizer untuk menganalisis ponsel terhadap spam atau file sampah dan membersihkannya saat malam hari.

Berbagai fitur keamanan lain adalah Private Save, App Lock (perlindungan aplikasi dengan password), dan Screencast Privacy Shield (memblokir pesan dan notifikasi sensitif agar tidak ditampilkan ketika perangkat dihubungkan ke layar presentasi).

(Dam/Ysl)