Sukses

JD.com Jadi Platform Pertama yang Terima Pembayaran Yuan Digital

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan e-commerce asal Tiongkok, JD.com mengatakan pada Sabtu (5/12) merupakan online platform pertama di negara itu yang menerima mata uang digital Tiongkok, Yuan digital. Konsumen akan bisa menggunakan Yuan digital di layanan JD.com.

Dilansir Reuters, Senin (7/12/2020) unit fintech JD.com yaitu JD Digits, akan menerima Yuan digital sebagai pembayaran untuk beberapa produk di mall online tersebut. Ini merupakan bagian dari pengalaman menggunakan Yuan digital untuk warga Suzhou, di dekat Shanghai.

Yuan digital disebut sebagai salah satu inisiatif mata uang digital bank sentral paling canggih di dunia. Hal ini karena pihak berwenang secara global menanggapi ancaman mata uang pribadi seperti Bitcon dan Libra.

Di bawah program Suzhou, pemerintah kota dan People’s Bank of China (PBOC) akan mengeluarkan 200 "amplop merah" Yuan digital untuk 100 ribu konsumen yang dipilih melalui undian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Program Yuan Digital

Program di Suzhou ini merupakan "lotere" digital kedua, karena sebelumnya PBOC telah mengeluarkan mata uang digital senilai 10 juta Yuan kepada 50 ribu konsumen yang dipilih secara acak di kota bagian selatan Shenzhen.

Gubernur PBOC, Yi Gang, mengatakan bahwa pada bulan lalu lebih dari 2 miliar Yuan telah dihabiskan dengan menggunakan mata uang digital Tiongkok dalam empat juta transaksi terpisah.

(Din/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS