Sukses

Zoom Hadirkan Layanan Marketplace untuk Gelar Event Virtual

Liputan6.com, Jakarta - Zoom terus menambah fitur anyar yang hadir di platformnya. Terbaru, platform video conference itu meluncurkan sebuah marketplace yang diberi nama OnZoom.

Dilansir The Verge, Jumat (16/10/2020), OnZoom merupakan marketplace yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menggelar dan memonetisasi event virtual yang dibuatnya.

OnZoom dapat dimanfaatkan untuk beragam event virtual, mulai dari kelas memasak hingga stand-up comedy. Platform ini didukung sejumlah fitur, seperti penjualan tiket, penjadwalan acara, hingga promosi.

Pengguna yang tertarik menggelar acara via OnZoom diwajibkan memiliki akun berbayar Zoom terlebih dulu. Namun siapa saja bisa menonton acara tersebut.

Nantinya, penyelenggara juga dapat menentukan jumlah peserta yang menghadiri event tersebut. Adapun jumlah maksimal yang dapat ditampung adalah 1.000 peserta.

Untuk sekarang, OnZoom baru tersedia dalam versi beta untuk pengguna di Amerika Serikat. Kendati demikian, Zoom berencana untuk menghadirkannya di pasar global tahun depan.

Di samping itu, Zoom juga telah mengumumkan platformnya telah mendukung integrasi dengan 35 aplikasi pihak ketiga. Lewat integrasi ini, pengguna dapat mengakses fungsi aplikasi lain langsung melalui Zoom.

2 dari 3 halaman

Lebih Aman, Aplikasi Zoom Mobile dan Desktop Kini Diperkuat Fitur 2FA

Sebelumnya, Zoom baru saja menambahkan dukungan two-factor authentication (otentikasi dua faktor/2FA) untuk aplikasi mobile dan versi desktop.

Langkah ini tentunya memberi pengguna opsi untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun mereka di luar kata sandi standar. Demikian sebagaimana dilansir The Verge, Sabtu (12/9/2020).

Dalam blog resmi perusahaan, Zoom mengatakan pengguna dapat mengaktifkan keamanan ekstra melalui Zoom Dashboard.

Ini bukan kali pertama Zoom menawarkan dukungan untuk 2FA. Sebelumnya fitur ini dihadirkan untuk versi web.

Zoom mengonfirmasi bahwa semua pengguna akan dapat mengakses fitur keamanan baru, termasuk mereka yang menggunakan layanan gratis.

Selain menghadirkan 2FA ke lebih banyak platform, Zoom juga memberi pengguna lebih banyak cara untuk menerima kode login satu kali.

3 dari 3 halaman

Kode via SMS

Sebelumnya, pengguna hanya memiliki pilihan untuk menggunakan aplikasi otentikasi seperti Google Authenticator untuk membuat kode.

Sekarang penguna dapat memilih untuk menerimanya melalui SMS. Namun, SMS umumnya dianggap kurang aman dibandingkan menggunakan aplikasi di perangkat karena kode berisiko lebih mudah disadap.

Zoom juga telah menambahkan dukungan untuk kode pemulihan, yang dapat digunakan untuk mendapatkan kembali akses ke akun jika perangkat seluler pengguna hilang.

Ini merupakan fitur keamanan terbaru yang telah ditambahkan Zoom tahun ini, setelah berkali-kali dibombardir isu privasi dan keamanan yang intens menyusul ledakan popularitasnya.

(Dam/Isk)