Sukses

Dorong Kreator Konten dan Wirausaha Digital, Siberkreasi Gelar Kelas Belajar

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendukung pelatihan menciptakan peluang lahirnya kreator konten dan wirausaha digital, melalui Kelas Belajar Podcast.

Adapun kelas yang ditargetkan memiliki 5.000 peserta ini dipandu Kreator Nongkrong sebagai mitra jejaring Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengapresiasi digelarnya program ini agar dapat menghasilkan kreator konten yang membantu pendidikan masyarakat di dunia maya.

"Saya optimistis, dengan adanya kelas podcast ini akan mendorong masyarakat untuk menghasilkan lebih banyak konten yang positif dan mendidik masyarakat,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima, Minggu (30/8/2020).

Menurutnya, pelatihan ini menarik sebab bisa menjadi alternatif untuk menambah penghasilan dan mengembangkan wirausaha online. Terlebih, berdasarkan laporan laman podcastinsight.com, Semuel mengatakan ada lebih dari 30 juta episode podcast di seluruh dunia per April 2020.

"Di Indonesia sendiri, berdasarkan laporan data Spotify, kita merupakan jumlah pendengar Podcast terbanyak di Asia Tenggara. Diprediksikan akan ada 2,2 miliar pendengar podcast per bulan di tahun 2024," tuturnya.

Menurut Ketua Umum Siberkreasi, Yosi Mokalu, podcast akan menjadi masa depan kreasi konten. Oleh sebab itu, pemanfaatan podcast oleh Siberkreasi dapat menjadi salah satu kontribusi dalam mengembangkan ekosistem podcast di Indonesia.

"Kami ingin berkontribusi terhadap ekosistem podcast dengan mengajak masyarakat Indonesia yang ingin bersuara serta menciptakan konten yang bermutu dengan media audio," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Program Kelas Belajar Podcast

Kelas podcast ini akan berlangsung secara virtual dalam enam sesi pertemuan yang berlangsung setiap Sabtu. Masyarakat yang tertarik mengikutinya dapat membuka situs resmi Kelas Podcast Siberkreasi untuk mendaftar.

"Melalui kelas ini, Siberkreasi bermaksud memberikan kontribusi untuk masyarakat yang terdampak pandemi agar lebih kreatif menciptakan konten bermutu hingga bisa menghasilkan uang," tutur Yosi lebih lanjut.

Nantinya, kelas podcast dirancang dengan durasi 90 menit dalam bentuk pemaparan materi dan dilanjutkan sesi tanya jawab. Setiap sesi akan dipandu oleh satu moderator dan satu narasumber.

Model pelatihan dalam kelas ini akan terdiri dari beberapa tahapan, yakni pengantar, perencanaan, produk, branding, hingga monetisasi.

Lalu, di akhir akan master class sebagai penutup kelas ini yang menghadirkan pembicara tamu dan dikenal sudah berkecimpung di dunia podcasting.

Sebagai mentor kelas ini, Siberkreasi melibatkan VP Content and Community INSPIGO, Pradipta Nugrahanto, podcaster ekslusif Spotify dan pendiri komunitas podcaster, Rizky Ardy Nugroho, dan pendiri jejaring podcast Box2Box Indonesia, Tio Prasetyo Utomo.

(Dam/Ysl)