Sukses

Akses Skype Kini Tidak Perlu Buat Akun dan Unduh Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan sejumlah peningkatan untuk layanan video conference miliknya, yakni Skype. Dengan pembaruan ini, layanan Skype dibuat lebih mudah untuk diakses pengguna.

Dikutip dari 9to5Mac, Senin (6/4/2020), Microsoft kini memungkinkan pengguna tidak perlu mendaftar untuk memakai layanan Skype. Selain itu, pengguna tidak perlu lagi mengunduh software ini untuk memakainya.

Informasi ini diketahui pertama kali dari akun Skype di Twitter dan situs resminya beberapa waktu lalu. Perubahan lain yang tidak kalah penting adalah tampilan layanan ini dibuat lebih simpel.

"Memperkenalkan cara sederhana untuk terhubung dengan orang penting dalam hidupmu dengan Skype, tidak perlu mendaftar atau mengunduh lebih dulu," tulis perusahaan dalam pengumumannya.

Tidak hanya itu, Skype juga memungkinkan layanannya diakses dari tautan yang dapat dibuka dari satu klik saja. Pengguna pun dapat mengakses layanan tersebut tanpa batas.

"Pengguna akan mendapatkan fitur lengkap yang dibutuhkan. Tautan pertemuan pengguna tidak akan kedaluwarsa dan dapat digunakan kapan saja," tulis perusahaan.

Keputusan perusahaan melakukan hal ini disebut tidak lepas dari kepopuleran Zoom sebagai penyedia layanan serupa, yang kini meroket di tengah imbauan untuk melakukan aktivitas di rumah. 

Untuk itu, ada kemungkinan Microsoft menghadirkan fitur anyar di Skype untuk mampu bersaing. Terlebih, layanan video conference saat ini memang sedang banyak digunakan mengingat ada imbauan untuk beraktivitas di rumah.

2 dari 3 halaman

Pembaruan Skype Hadirkan Penanda Pesan dan Pratinjau Media

Sebelumnya, layanan komunikasi panggilan suara dan video chat Skype merilis pembaruan yang menghadirkan beberapa fitur baru.

Pertama, layanan yang dapat dioperasikan lintas perangkat itu menambahkan fitur draf pesan teks. Setiap pesan yang pengguna ketik, tetapi tidak terkirim, akan otomatis disimpan dalam percakapan terkait dan ditandai sebagai draf.

Meski pengguna keluar dari dan masuk ke aplikasi Skype, pesan itu akan tetap tersedia.

Berikutnya, Skype menghadirkan fitur penanda pesan. Dengan fitur ini pengguna dapat menandai pesan apa pun di Skype, sehingga dapat kembali mengaksesnya kapan pun cukup dengan satu ketukan.

Pengguna cukup klik kanan atau long press pada pesan yang dimaksud, lalu ketuk Add bookmark. Pesan itu pun kemudian otomatis ditandai.

3 dari 3 halaman

Fitur Pratinjau

Skype juga menghadirkan fitur pratinjau untuk foto, video, dan file yang telah dipilih untuk dikirim. Setelah pengguna memilih media dan file tersebut, mereka ditampilkan di panel pesan, sehingga pengguna dapat memastikan media dan file itulah yang memang hendak pengguna kirim.

Selain itu, jika pengguna ingin berkirim banyak foto atau sekaligus, kini Skype akan dapat menampilkan foto dan video itu secara lebih teratur di jendela percakapan.

Pengguna akan melihat semacam album di mana semua foto dan video itu dikelompokkan. Untuk melihatnya, pengguna cukup mengklik foto atau video itu.

(Dam/Ysl)