Sukses

Tokopedia, Ovo, dan Grab Beri Donasi Rp 3 Miliar untuk Lawan Virus Corona

Tokopedia, Ovo, dan Grab mendonasikan masing-masing Rp 1 miliar untuk membantu memerangi Covid-19 (virus Corona) di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia, Ovo, dan Grab mendonasikan masing-masing Rp 1 miliar untuk membantu memerangi Covid-19 (virus Corona) di Indonesia. Inisiatif gabungan ini sekaligus menjadi ajakan bagi masyarakat untuk menekan penyebaran virus Corona.

Total donasi Rp 3 miliar tersebut akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis. Untuk penyaluran donasi ini, ketiga perusahaan bekerja sama dengan crowdfunding platform BenihBaik.com (Benih Baik).

Donasi disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), yang memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Sejak awal, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif dan mengambil tindakan tegas untuk membantu penjual, pembeli dan mitra strategis lainnya tetap dapat memanfaatkan layanan Tokopedia dengan harga dan kualitas terjaga," kata Vice Chairman sekaligus co-founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, dalam keterangan resmi yang diterima tim Liputan6.com, Rabu (25/4/2020).

Ia menuturkan, inisiatif dan tindakan itu adalah bagian dari upaya Tokopedia untuk meredam laju penyebaran Covid-19 dan memudahkan masyarakat untuk #DiRumahAjaDulu

Selain itu, Tokopedia juga telah menyumbang lebih dari 150.000 masker mulut untuk Tenaga Kerja Indonesia yang membutuhkan di Hongkong, seperti ART, pekerja kapal dan buruh migran lain yang rentan, tapi cenderung tidak punya akses ke produk kesehatan.

Tokopedia membuka dua kanal donasi untuk mengajak masyarakat membantu pengadaan multivitamin, APD standar dan sanitizer untuk tenaga medis, yaitu lewat fitur "Bantu Pejuang COVID-19" di halaman Checkout Tokopedia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons BNPB

Kepala BNPB, Doni Monardo, menyambut baik inisiatif tersebut. Diungkapkannya, donasi ini akan didedikasikan untuk tim tenaga medis yang telah menjadi bagian yang sangat strategis dan penting dalam penanganan Covid-19 termasuk untuk memberikan bantuan logistik dan  obat-obatan kepada para dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

"Supaya mereka bisa mendapat dukungan yang baik, sebagai pekerja terdepan bisa mendapatkan perhatian yang optimal," katanya.

Selain menyalurkan dana bantuan, Tokopedia, OVO dan Grab juga segera membuka kanal penghimpunan donasi di platform masing-masing , sehingga masyarakat ikut berkontribusi melawan Covid-19.

Program ini juga bekerja sama dengan Benih Baik, dan akan disalurkan untuk berbagai keperluan mendesak terkait dampak pandemi Covid-19.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.