Sukses

Warganet Serukan HUT ke-74 TNI di Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan HUT ke-74 TNI digelar pada hari ini di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta TImur, pada pagi hari ini, Sabtu (5/10/2019). Ucapan selamat untuk HUT TNI pun disampaikan oleh banyak pihak, termasuk di ranah maya.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (5/10/2019), Diragahayu TNI dan #HUT74TNI menjadi topik terpopuler di Twitter. Saat artikel ini ditulis, keduanya menempati peringkat pertama dan kedua di Indonesia trends.

Berikut beberapa ucapan dari warganet dalam rangka HUT ke-74 TNI:

"Ketika tiga kekuatan berpadu, tiada angkara yang mampu mengadu. Kesatria ada dalam setiap jiwa serdadu, meskipun terkadang diliputi rindu. Selamat #HUT74TNI kepada seluruh prajurit TNI yang saya cintai & banggakan, di manapun bertugas. TNI Profesional, Kebanggaan Rakyat," tulis Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, melalui akun Twitter miliknya.

"Dirgahayu TNI ke-74. Sukses selalu dalam menjaga keutuhan NKRI. Selamat Hari TNI untuk my Father #DirgahayuTNI," tulis @syanattt_.

"Dirgahayu TNI ke-74. Jaya di darat, laut dan udara bersama rakyat, TNI kuat. Tentara Akan Timbul dan Tenggelam Bersama Rakyat dan Negara (Jendral Soedirman) #DirgahayuTNI#DirgahayuTNI74," kicau @DikyBulbul.

"Keluarga Besar kaum Rebahan, mengucapkan: "DIRGAHAYU TNI KE 74" #DirgahayuTNI74," tulis akun @WeekendSantuy.

"Selamat #HUT74TNI Panglima, semoga TNI selalu jaya di darat, laut, udara, dan hadir terdepan melindungi rakyat," twit dari @muannas_alaidid.

2 dari 3 halaman

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-74 TNI

Presiden RI Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan HUT ke-74 TNI di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (5/10/2019). Presiden bertindak selaku inspektur Upacara.

Jokowi didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Bertindak selaku Komadan Upacara adalah Aspos Dankormar Kolonel Mar Y Rudy Sulistyanto. Upacara ini diikuti oleh 6.806 personel gabungan dari masing-masing kesatuan.

Sementara itu, di kursi tamu tampak Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin. Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, juga turut hadir.

Para menteri Kabinet Kerja juga turut menghadiri upacara peringatan HUT TNI ini, termasuk Menko Polhukam Wiranto, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri ATR Sofyan Djalil, Menpan RB Sagrudin, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri KKP Susi Pujiastuti.

Kemudian juga tampak hadir Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekjen PDIP Kristianto. Ketua DPD RI, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Para tamu undangan berdatangan sejak pukul 06.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi: Selamat HUT ke-74 TNI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara peringatan HUT ke-74 TNI. Acara tersebut berlangsung di Halim Perdakusuma, Jakarta.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan beragam prestasi yang ditorehkan TNI dalam membangun negeri. Ia juga mengucapkan selamat atas hari jadi TNI.

"Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI," ujar Jokowi di Halim, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Dia menambahkan, bangsa Indonesia menyampaikan penghargaan khusus kepada para prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas demi tegaknya kedaulatan VKRI.

"Rakyat Indonesia selalu bangga kepada saudara-saudara semua, kepada TNI, yang selalu berada di baris terdepan dalam menjaga NKRI, yang tidak kenal menyerah dalam menjaga kepentingan nasional, serta yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan," ujar Jokowi.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran TNI, yang selalu sigap membantu rakyat di wilayah yang terdampak bencana termasuk kebakaran hutan. TNI yang selalu aktif menjaga kelancaran dan keamanan Pemilu serentak tahun 2019.

"TNI yang selalu membanggakan dalam penugasan PBB di berbagai penjuru dunia. TNI yang selalu memastikan negara hadir di daerah terpencil, di daerah perbatasan dan di pulau-pulau terdepan Indonesia. TNI yang selalu manunggal dengan rakyat," ujar dia.

(Din/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Panglima TNI Berangkatkan Atlet TNI dan Karateka Indonesia ke Kejuaraan Kelas Dunia
Artikel Selanjutnya
Potret Keakraban TNI dan Warga Kebumen di TMMD Rahayu