Sukses

Cara Membuat Blog Gratis, Mudah dan Bisa Menghasilkan Uang

Punya blog gratis dan bisa menghasilkan uang, menarik kan?

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang masih beranggapan kalau pekerja kantoran mendatangkan pundi-pundi uang yang banyak, namun nyatanya tidak selalu demikian. Saat ini, kamu dapat menghasilkan uang tanpa harus bekerja di kantor sekalipun.

Kamu pun bisa bekerja dari rumah, tentu dengan bekerja di rumah jam kerjanya lebih fleksibel. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang bensin untuk berangkat ke kantor. Hemat bukan?

Nah, bagaimana caranya? Caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan skill yang kamu punya.  Salah satu skill yang bisa dimanfaatkan ialah menulis. Kamu  bisa memanfaatkan skill dengan menulis di situs milik pribadi yaitu dengan blog.

Jika blog yang kamu buat menarik dan cukup terkenal, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan dari blog tersebut loh. Seperti Raditya Dika, lewat blognya ia menuliskan cerita mengenai kehidupan sehari-harinya yang dikemas dengan gaya bahasa kocak.  

Terlihat menarik bukan, lalu bagaimana cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang? Tenang saja, pada artikel kali ini akan membahas cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang, Senin (4/3/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara membuat Blog Gratis

Saat ini sudah banyak situs untuk mendaftar blog. Menariknya membuat blog  tidak dipungut biaya alias gratis.

Beberapa situs penyedia blog gratis seperti Blogspot, Medium, Tumblr, WordPress dan yang terbaru Wix.com. Namun dari beberapa situ di atas, situs Blogspot lah yang paling sering digunakan para blogger.

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang bisa menggunakan Blogspot. Selain gratis, Blogspot memiliki fitur menarik asli Google seperti Adwords, Adsenses, serta Analytics. Berikut ini cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang mudah untuk di praktikan.

1. Buka halaman browser kemudian ketikan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.

2. Setelah muncul halaman blogger.com kamu bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.

3. Buat akun dengan email. Selanjutnya kamu bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspotmu.

4. Setelah masuk pada akun blogger.com kamu akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog kamu.

5. Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard.  Pada laman dashboard ini kamu bisa menuliskan judul serta alamat blog. Selanjutnya klik create blog.

6. Langkah selanjutnya kamu akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik kamu. Kemudian kamu bisa mengklik publish jika telah selesai menulis isi blog.

7. Terakhir jika kamu ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan kamu pada blog, kamu bisa mengklik visit blog ataupun mengetik alamat blog yang kamu buat. Blog kamu pun sudah berhasil dibuat.

3 dari 3 halaman

Cara membuat blog yang  menghasilkan uang

Langkah pertama agar blog kamu menghasilkan uang adalah, kamu harus konsisten untuk mengunggah konten pada blog pribadimu.

Buat tulisan kamu semenarik mungkin agar blog pribadimu memiliki traffic atau pengunjung yang banyak..

1. Jadi publisher iklan

Publisher iklan adalah seseorang yang memasang iklan di laman web yang seseorang miliki. Salah satu layanan yang biasanya dipakai blogger adalah Google Adsense.

Google Adsense adalah jaringan periklanan yang disediakan oleh Google. Bagi pemilik website, mereka dapat memasang iklan dari Google pada website mereka. Setiap klik yang diperoleh akan diakumulasi menjadi uang yang nantinya bisa dicairkan.

2.  Mengulas produk tertentu

Cara yang satu ini istilah kerennya adalah endorse. Pemilik merek tertentu bakal mengirimkan produk atau menawarkan jasa yang bisa blogger nikmati secara gratis. Bahkan, tak sedikit blogger yang dibayar untuk mengulasnya di blog.

Pemilik merek sendiri lebih suka pilih blogger karena ulasan para blogger yang lebih natural. Ulasan di blog terlihat lebih soft-selling ketimbang iklan di media massa.

3. Jadi brand ambassador

Lebih lanjut, pihak brand sekarang tak hanya menyasar selebriti di televisi sebagai brand ambassador. Justru blogger jadi pilihan menarik bagi pihak brand. Citra blogger yang masih “orang biasa” membuat pembaca lebih terpengaruh untuk memakai merek yang dipakai oleh blogger tersebut.

Biasanya para pembaca pun tak jarang mencari ulasan para blogger mengenai merek tertentu. Contoh blogger Harumi Sudrajat seorang beauty blogger yang menjadi brand endorser beberapa brand ternama, The Body Shop dan Samsung.

Nah di atas adalah cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang bisa kamu praktikkan. Jangan lupa untuk membagikan artikel cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang ini kepada temanmu ya. Semoga bermanfaat! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini