Sukses

Facebook Bantah Batasi News Feed Hanya Bisa Dilihat 25 Teman

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar yang menyebut, Facebook membatasi unggahan seseorang di News Feed hanya bisa dilihat oleh 25-26 teman. Kabar itu merupakan hoaks dan langsung dibantah oleh pihak Facebook.

Kabar ini muncul karena pada akhir tahun, beredar informasi yang menyebut, Facebook menerapkan algoritme baru. Di mana, pengguna hanya akan melihat unggahan dari teman-teman terpilih.

Sementara, teman-teman lainnya yang tidak ada di dalam daftar, tidak akan bisa melihat News Feed temannya.

Hal ini membuat pengguna berbondong-bondong menggandakan dan membagikan kabar tersebut, serta meminta teman untuk memberikan balasan.

Mengutip laman Business Insider Singapore, Selasa (12/2/2019), sejumlah hoaks terkait algoritme Facebook ini memang telah menyebar sejak awal Februari 2018.

Facebook pun secara komprehensif mulai menghilangkan pesan-pesan tersebut, namun hal itu tak menghentikan penyebarannya.

Untuk itu, pada 6 Februari lalu, Facebook menerbitkan sebuah unggahan blog yang menyebut penyebaran unggahan copy-paste itu terus berlanjut, hingga setahun kemudian.

"Kabar  unggahan di News Feed Facebook hanya diperlihatkan ke segelintir teman itu adalah mitos belaka," kata Product Manager Facebook, Ramya Sethuraman, dalam blog Facebook.

Dia menjelaskan, "Tujuan dari News Feed adalah untuk memperlihatkan unggahan yang dianggap penting bisa dinikmati pengguna. Namun, jika seseorang memblokir Anda dari konten mereka, kemungkinan besar Anda tidak bisa melihatnya lagi."

Masalahnya, ketika pengguna sadar unggahan copas itu palsu, mereka sudah meng-copas dan membagikannya dengan teman-teman di Facebook. Makanya, unggahan tersebut viral di Facebook.

2 dari 2 halaman

Kata Facebook Soal Newsfeed

Sebenarnya, algoritme Facebook ini bisa membuat penilaian tentang teman mana yang ingin dilihat kontennya oleh pengguna, kemudian memprioritaskan di bagian atas News Feed.

Karena si pengguna ini aktif terlibat dengan sejumlah teman tertentu, maka di News Feed, unggahan teman-teman ini akan lebih sering muncul.

Oleh karenanya, jika pengguna hanya melihat sejumlah unggahan dari orang yang itu lagi itu lagi, ada trik yang bisa dicoba.

Caranya, dengan mengubah pengaturan News Feed. Pada News Feed, biasanya memang yang ditampilkan adalah Top Stories. Untuk membuatnya bisa memperlihatkan unggahan banyak teman, pilih opsi "Terbaru" atau Most Recent.

Sementara di aplikasi smartphone, tampilan News Feed lebih ribet untuk ditemukan. Pengguna perlu membuka aplikasi mereka, klik yang pertama di simbol tiga baris, kemudian pilih "See More" dan pilih "Most Recent".

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Strategi Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis
Artikel Selanjutnya
Tanggapan Facebook Soal Ancaman Abu Janda Gugat Rp 1 Triliun