Sukses

11 Kelebihan Android Lollipop, Multitasking dan Masih Layak Digunakan di Tahun 2019

Liputan6.com, Jakarta Salah satu sistem operasi android yang masih layak dipakai oleh para pengguna smartphone di tahun 2019 ini adalah Lollipop. Lollipop pertama kali diluncurkan oleh Google tahun 2014 menggantikan sistem operasi andoird kitkat (4.4+). Sistem android atau lebih dikenal dengan OS permen bulat warna-warni kemudian langsung menjelma menjadi primadona dengan banyaknya kelebihan serta keunggulan yang dimiliki oleh dapur pacunya.

Android Lollipop terdiri dari beberapa versi utama yaitu android lollipop versi 5.0 yang dirilis sekitar Oktober 2014 kemudian di-update menjadi dua versi revisi yaitu versi 5.0.1 dan versi 5.0.2. Selanjutnya Google kembali merilis versi terbaru dari android lollipop versi 5.1 dan mengeluarkan revisi terbaru dari android lollipop versi 5.1.1 pada bulan april 2015.

Meskipun kehadirannya sudah terbilang cukup lama, namun kelebihan android lollipop masih bisa dirasa mengimbangi kebutuhan pecinta android di tahun 2019 ini. Lollipop pada dasarnya dibuat untuk digunakan di dunia yang membutuhkan perangkat berbeda-beda dalam interaksi sehari-hari. Dengan makin banyaknya perangkat yang terhubung, melalui sistem operasi android lollipop ini bisa dengan mudah menjalankan semua perangkat dengan saling mendukung tanpa harus menutup perangkat lainnya.

Kelebihan android lollipop secara garis besar dapat diartikan sebagai satu sistem yang bisa secara tetap melanjutkan aktivitas yang ditinggalkan sebelumnya, walau sudah menggunakan perangkat yang berbeda.

Berikut ini Selasa (8/1/2019) Liputan6.com rangkum 11 kelebihan android lollipop yang bisa kamu jadikan referensi serta acuan sebelum menggunakannya.

2 dari 4 halaman

Adanya fitur ART runtime

1. User Interface yang memanjakan mata

Kelebihan android lollipop pertama yang akan kamu dapatkan adalah user interface yang lebih menarik, modern dan memanjakan mata dengan desain yang penuh warna diiringi oleh tambahan animasi baru sehingga makin terlihat mempesona.

2. Perangkat lunak Lollipop berjalan lebih maksimal

Dengan adanya fitur ART runtime semakin membantu dalam meningkatkan kinerja dan performa sistem sehingga kita bisa menggunakan dengan lancar. Dengan adanya perangkat ART ini cukup memberikan kontribusi lebih besar pada kecepatan Android dengan kecepatan 64-bit ART compiler yang lebih efisien dibandingkan perangkat sebelumnya.

3. Proyek Volta yang membuat baterai semakin awet

Kelebihan android lollipop dari segi baterai yaitu memiliki proyeksi volta dengan ini menjadikan konsumsi baterai pada ponsel terjaga dengan baik serta lebih efisien atau hemat sebanyak 30% dibandingkan dengan versi sebelumnya. Proyek Volta secara otomatis bisa langsung mematikan smartphone apabila daya benar-benar sudah menipis sehingga umur baterai bisa lebih panjang.

Tidak hanya itu, proyeksi ini akan langsung memberikan catatan terperinci tentang penggunaan daya baterai baik atau boros dari aplikasi atau fitur dimiliki. Biasanya cara ini akan ditampilkan dengan cara menurunkan kecerahan layar, kerja CPU, interval update background.

3 dari 4 halaman

Adanya software penunjuk memudahkan mencari arah tata letak dalam pencarian alamat

4. Meningkatnya chrome

Pada android lollipop terdapat recents tab terbaru yang lebih informatif sehingga memungkinkan adanya pembagian tab chrome menjadi beberapa opsi yang berbeda.

5. Lebih mudah dalam navigasi perangkat

Petunjuk arah atau navigasi pada android lollipop menjadi incaran tersendiri bagi pengunanya. Dengan adanya software penunjuk memudahkan mencari arah tata letak dalam pencarian alamat. Kelebihan android lollipop adalah grafis maksimal, navigasi pada maps menjadi semakin menakjubkan.

6. Multitasking

Disupport dengan arsitektur 64 bit dengan prosesor berkecepatan tinggi ditambah 2 fitur perangkat lunak yang bisa berjalan beriringan. Kita mampu memutar video sambil membuka aplikasi lain serta bisa menginstalasi pada bermacam perangkat mulai dari, mobil, tv, laptop hingga perusahaan jam tangan yang memakai sistem operasi ini.

7. Keamanan yang terjaga dengan baik

Secara otomatis dengan mode SE linux enforcing keamanan dan privacy pengguna dijamin akan terjaga memantau gerak pada setiap aplikasi berjalan dari serangan Malware. Sehingga lebih aman ketika menyimpan file.

4 dari 4 halaman

Bisa menggunakan OK Google

8. Update beberapa bahasa dan multimedia lebih lengkap

Kelebihan android lollipop lainnya menghadirkan kurang lebih 15 beberapa bahasa yang bisa kamu pelajari terutama bahasa Indonesia. Android lollipop juga dilengkapi dengan audio, video, dan kemampuan kamera yang lebih berkualitas.

9. Bisa menggunakan asisten pribadi melalui OK Google

Ibarat asistem pribadi melalui, kelebihan android lollipop ini wajib dicoba. Ok Google ini dapat menggunakan suara untuk melakukan beragam tindakan seperti menelusuri, mendapatkan petunjuk arah, dan membuat pengingat. Misalnya, untuk mengetahui apakah akan hujan dalam ramalan cuaca, ucapkan "Ok Google, besok perlu bawa payung? Gampangkan.

10. Konektivitas yang super cepat

Android lollipop juga meningkatkan kemampuan konektivitas yang terdapat pada sistemnya. Koneksi internet lebih lancar dan koneksi bluetooth lebih cepat tapi tetap menghemat baterai. Sehingga tidak perlu memutus koneksi internet kita berpindah dari jaringan Wi-fi ke jaringan paket data atau sebaliknya.

11. Setelan atau pengaturan yang semakin mumpuni

Salah satu hal penting yang dimiliki android lollipop adalah sistem dan pengaturan yang mumpuni. Pada Android Lollipop ada beberapa tambahan pengaturan yang bisa didapatkan, seperti notifikasi atau pemberitahuan. Tidak hanya disini kita bisa memberi kebebasan saat menginginkan jalan pintas tambahan, semisal tethering penambatan hotspot dan Near Field Communication.

 

Reporter: Heri Setiawan

Hoaks Pesan Terakhir Seorang Miliarder Bernama Steve Gouves

Tutup Video